Optimalisasi UMKM melalui Digitalisasi

Semarang, 1 September 2021

Oleh Daffa Muhammad Naufal – S1 Manajemen 2018

KKN Tematik Undip tahun ini memberikan kesempatan pada mahasiswa Undip untuk berinovasi luas mengoptimalkan UMKM di Jawa Tengah, salah satunya dengan merangkul UMKM CV. RENA yang telah berdiri sekitar 5 tahun ini dimana memproduksi produk olahan buah lerak seperti deterjen batik, sabun, lerak cair dan beberapa produk lain seperti Jus dan Keripik.

Pada pelaksanaan KKN Tematik Undip 2021 ini, saya memiliki program KKN yang ingin diwujudkan yaitu “Digitalisasi penjualan CV. Rena via E-commerce (Shopee, Tokopedia, dan Shopeefood)”. Program ini diangkat karena melihat penjualan CV. Rena yang baru menggunakan media offline. sehingga belum menyentuh pasar Online Sama sekali kecuali mungkin pasar pengiriman online seperti go-send dan grabexpress.

Lokasi KKN berada di Kelurahan Pedurungan Tengah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang. Dalam proses pengaktivasian-nya saya menggunakan video tutorial dan step by step, sehingga nantinya owner CV. Rena bisa mengaplikasikan-nya dalam jangka panjang dan semoga penjualan dari CV. Rena dapat meningkat dengan dimasukannya produk UMKM ini ke E-Commerce

Sebelum membuat program KKN diatas, mahasiswa melakukan survey untuk melihat permasalahan apa saja yang dapat dipecahkan melalui program yang akan dilaksanakan. Setelah melakukan survey ternyata masih banyak yang perlu ditingkatkan mulai dari proses pengolahan lerak hingga pemasaran. “Untuk penjualan online kami baru menggunakan go-food untuk beberapa produk, dan belum menggunakan media lain karena masih kurang mengerti juga pengaplikasiannya”. tutur Ibu Rena pemilik UMKM CV.RENA.

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.