KKN Tematik Undip 2021 Berhasil Menemukan Inovasi Alat Pemotong Sabun Batang Olahan Buah Lerak

Oleh Dwiki Putratama Nugraha – S1 Teknik Mesin

Pedurungan Tengah, Semarang (01/09/2021) – Mahasiswa KKN Tematik Undip Tahun 2021 berhasil menemukan inovasi dengan menciptakan alat pemotong sabun batang olahan buah lerak untuk mitra UKM RENA di Kelurahan Pedurungan, Semarang.  

Sebelum inovasi ini di ciptakan, mitra UKM RENA di Kelurahan Pedurunan masih menggunakan cetakan satuan dan prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, penciptaan inovasi alat pemotong sabun ini dilaksanakan guna mempermudah mitra dalam proses pembuatan sabun batang dikarenakan dengan adanya alat potong sabun, dimensi sabun batang olahan lerak memiliki variasi dimensi sehingga pemasaran sabun bisa ke beberapa sektor baik rumahan atau hotel . Alat pemotong sabun ini dibuat dengan material wire, besi hollow dan akrilik  dengan tujuan akhir untuk memotong sabun batang dari dimensi besar menjadi dimensi yang diinginkan.

Dengan adanya alat pemotong sabun untuk CV. RENA, TIM KKN Tematik Undip Tahun 2021 berharap produksi sabun batang olahan dari buah lerak bisa berkembang dan dapat memenuhi permintaan pasar. Selain itu dengan adanya alat pemotong ini, sabun dapat di buat sesuai permintaan ukuran dari pembeli sehingga dapat bersaing dengan sabun batang yang dijual dipasaran.

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.