Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Melakukan Analisa Laboratorium Dalam Rangka Pengembangan Produk UMKM

Semarang, 1 September 2021

Oleh Viola Noor Khaliza Rachmat – Teknik Kimia

KKN Tematik UNDIP TIM II tahun ini memberikan  kesempatan pada mahasiswa UNDIP untuk berinovasi luas mengoptimalkan UMKM di Jawa Tengah, salah satunya dengan merangkul UMKM CV. Rena yang telah berdiri sekitar 5 tahun ini dimana memproduksi produk olahan buah lerak untuk deterjen batik. Lokasi KKN berada di Kelurahan Pedurungan Tengah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang. Program yang dilaksanakan pada periode ini merupakan lanjutan dari KKN Tematik periode sebelumnya yaitu pembuatan handsanitizer dari olahan lerak. Program yang ditambahkan pada periode ini adalah melakukan analisa pada laboratorium kandungan yang terdapat pada handsanitizer olahan lerak guna mengetahui efektivitas antibakteri pada penambahan ekstrak lerak dan nilai pH pada handsanitizer untuk mengetahui apakah aman digunakan pada kulit.

Tahap-tahap yang dilakukan dalam pembuatan handsanitizer dengan basis volume 1 liter adalah :

  1. Masukkan alkohol (Etanol 96%) sebanyak 600 ml
  2. Tambahkan gliserol sebanyak 100 ml
  3. Tambahkan ekstrak lerak cair sebanyak 200 ml
  4. Ditambahkan aquadest sampai volume campuran sebanyak 1 liter
  5. Terakhir ditambahkan beberapa tetes essential oil sebagai penambah aroma

Kemudian larutan sampel handsanitizer didiamkan selama 48 jam sebelum dapat digunakan. Setelah didiamkan, dilakukan analisa uji antibakteri Staphylococcus aureus yang biasanya terdapat pada kulit manusia. Berdasarkan analisa laboratorium yang dilakukan terhadap sample handsanitizer dengan penambahan ekstrak lerak, didapatkan bahwa penambahan ekstrak lerak memberikan efektivitas terhadap bakteri antibakteri Staphylococcus aureus. Selain itu, juga dilakukan uji kadar keasaman (pH) dengan hasil nilai pH sebesar 5 dan nilai ini telah memenuhi syarat standar handsanitizer dari SNI 06-2588-1992.

Dengan hasil analisa yang telah dilakukan, maka produk handsanitizer dengan penambahan ekstrak lerak yang diproduksi oleh CV. Rena telah memenuhi syarat SNI 06-2588-1992 sehingga telah aman untuk digunakan.

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.