MAHASISWA KKN UNDIP CIPTAKAN INOVASI PEMBUATAN PEMBERSIH LANTAI BERAROMA KOPI DARI EKSTRAK BUBUK KOPI ARABICA

Pada minggu kelima Pelaksanaan Kegiatan KKN Tematik GNRM (Gerakan Nasional Revolusi Mental) TIM II Universitas Diponegoro pada tanggal 30 September 2021 telah dilakukan kegiatan sosialisasi pentingnya menjaga kebersihan rumah. Kegiatan KKN dilaksanaan di Desa Jurangmangu, kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang. Kegiatan sosialisasi diawali dengan penjelasan mengapa harus menjaga kebersihan rumah. Selanjutnya yaitu melakukan sosialisasi cara pembuatan pembersih lantai beraroma kopi dimana aroma kopi didapatkan dari ekstraksi bubuk kopi Arabica.

Kegiatan Sosialisasi kepada Masyarakat
Sosialisasi kepada Masyarakat

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan masyarakat Desa Jurangmangu dengan pembuatan pembersih lantai beraroma kopi sehingga masyarakat menjadi produktif dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa tersebut.

IMG20211001153555

Sebelum kegiatan sosialisasi, beberapa hari sebelumnya telah dilaksanakan pameran produk pada acara Peresmian Pengelolaan Air Bersih Desa Jurangmangu oleh Bupati Kabupaten Pemalang yaitu Bapak Mukti Agung Wibowo,S.T.,M.Si yang bertempat di Balai Desa Jurangmangu.

Whats-App-Image-2021-10-19-at-02-38-19

Pameran ini dihadiri oleh dinas terkait dengan peresmian air dan oleh masyakarat Desa Jurangmangu dan sekitarnya. Pameran ini dilakukan untuk mengenalkan produk hasil buatan mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro sealigus mengenalkan bahwa kopi bisa diolah menjadi banyak produk bukan untuk diseduh saja, salah satunya yaitu pembersih lantai beraroma kopi

Whats-App-Image-2021-10-19-at-15-14-01-removebg-preview

Diharapkan dengan adanya kegiatan program kerja KKN ini dapat memberikan edukasi kepada warga Desa Jurangmangu terkait pentingnya menjaga kebersihan dan meningkatkan kesadaran individu akan pentingnya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sekaligus cara pembuatan pembersih lantai secara mandiri dirumah dan kemudian dapat dijadikan peluang usaha untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Oleh: Tesalonika Sitepu- Teknologi Rekayasa Kimia Industri 2019