Mahasiswa KKN Tematik GNRM Tim II Undip bagi-bagi 100 Pohon Kopi Guna Mewujudkan Desa Jurangmangu sebagai Desa Kopi

Program Multidisiplin 2 KKN Tematik GNRM Tim II Undip di Desa Jurangmangu

Desa Jurangmangu merupakan salah satu desa penghasil kopi yang ada di Kabupaten Pemalang. Saat ini Desa Jurangmangu sedang dalam proses mengembangkan potensi wisata sebagai Jurangmangu Adventure Village. Desa Jurangmangu menjadi salah satu jalur pendakian gunung Slamet, dan terdapat arena wisata bersepeda Jurangmangu Bike Park, serta sedang dalam proses pembangunan Wisata Keluarga Bukit Subuh, yang bersebelahan dengan Jurang Mangu Bike Park. Lokasi bukit Subuh sendiri berada di tengah-tengah hutan pinus. Tempat ini dijadikan tempat rekreasi wisata yang berkonsep alami dengan menggabungkan konsep wisata edukasi, camping ground dan glamour camp.

Dalam upaya mewujudkan Desa Jurangmangu sebagai Desa Wisata, tim KKN Tematik GNRM Undip di Desa Jurangmangu membuat program multidisiplin mengenai ‘Penanaman 100 Pohon Kopi Guna Mewujudkan Desa Jurangmangu sebagai Desa Kopi’. Tujuan program ini adalah terwujudnya Desa Jurangmangu sebagai Desa Kopi dengan harapan kelak saat area wisata Desa Jurangmangu telah selesai dibangun, dan sudah mulai beroperasi, wisatawan yang mengunjungi Desa Jurangmangu dapat melihat pohon kopi yang tumbuh di depan rumah setiap warga Jurangmangu. Sehingga wisatawan dapat mengetahui bahwa Desa Jurangmangu bukan hanya Desa wisata namun juga Desa Kopi.

Perencanaan program ini dimulai dari minggu pertama pelaksanaan KKN Tematik GNRM Tim II Undip di Desa Jurangmangu, dan mulai dilaksanakan pada minggu kelima pelaksanaan KKN. Pada (28/09/21) Mahasiswa KKN Tematik mulai membersihkan greenhouse yang akan digunakan sebagai tempat penanaman dan penyimpanan pohon kopi sementara sebelum didistribusikan kepada warga Desa Jurangmangu. Setelah itu, keesokan harinya (29/09/21) Mahasiswa mulai mempersiapkan media tanam berupa pupuk dan tanah, kemudian dimasukkan ke dalam polybag sejumlah 100 buah. Pada (30/09/21) dilakukan penanaman 100 pohon kopi ke dalam polybag dan penyiraman seluruh pohon kopi. Pada pelaksanaan proses persiapan hingga penanaman pohon kopi, mahasiswa dibantu oleh arahan dari Pak Budhi selaku Bapak Mitra Desa.

Simbolis penyerahan 100 pohon kopi diberikan kepada Bapak Sekretaris Desa Jurangmangu dan Bapak Mitra Desa pada (01/10/21) bertepatan dengan pelaksanaan sosialisasi pelaksanaan program monodisiplin mahasiswa KKN Tematik.

Simbolis Penyerahan 100 Pohon Kopi

Distribusi 100 pohon kopi dilaksanakan pada (02/10/21) dengan membagikan 1 pohon kopi untuk setiap rumah secara door to door diawali dengan menyapa warga, berbincang dan memberikan alasan mengapa memberikan pohon kopi pada setiap warga di Desa Jurangmangu. Harapannya dengan memberikan 1 pohon kopi disetiap rumah di Desa Jurangmangu ketika nantinya Desa Jurangmangu sudah menjadi desa wisata maka akan dikenal sebagai Desa Kopi karena di depan rumah setiap warganya terdapat pohon kopi.

Distribusi 100 Pohon Kopi kepada Masyarakat Desa Jurangmangu

Masyarakat Desa Jurangmangu memberikan respon dan feedback yang baik, mereka antusias saat dibagikan pohon kopi dan bersedia untuk menanam di depan rumah serta merawat pohon kopi tersebut. Harapan dan tujuan yang disampaikan mahasiswa saat membagikan pohon kopi dapat tersampaikan dengan baik, dan masyarakat mendukung serta berkemauan untuk mewujudkan Desa Jurangmangu sebagai Desa Kopi.

Distribusi 100 Pohon Kopi dan Pemberian Penjelasan mengenai Tujuan dan Harapan dari Program tersebut

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.