Mahasiswi KKN Tematik Tim II GNRM Undip 2021 Malakukan Branding Pada Produk Kopi Desa Jurangmangu

Adanya PPKM darurat dalam Era Pandemi Covid-19 sangat diperlukan perkembangan pemasaran, membuat masyarakat menjadi sadar akan kehadiran brand tersebut serta pada produk dan jasa yang ditawarkan. Dengan begitu, penting bagi brand untuk membuat desain logo yang powerful dan mudah diingat sehingga dapat memberikan first impression yang positif kepada masyarakat. Branding mempunyai peranan yang penting dalam sebuah pemasaran produk. Dengan adanya branding, produsen menunjukkan produknya mempunyai kualitas yang terpercaya. Branding sangat diperlukan oleh produsen karena dengan branding produsen sedang membuat target konsumen menjadi familiar dengan produk yang ditawarkan. Desa Jurangmangu merupakan desa yang sangat banyak petani yang bercocok tanam sebagai Petani Kopi, dan berdampingan dengan peluang yang sangat bagus serta besar.

Branding merupakan kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand (merek). Adapun tujuannya sebagai berikut yaitu :

  1. Mampu menyampaikan pesan dengan jelas,
  2. Memastikan Kredibilitas,
  3. Mampu menghubungkan target pasar atau konsumen secara emosional, dan
  4. Memastikan terciptanya kesetiaan pelanggan.

Manfaat dari branding produk sendiri dimana dapat memiliki Positioning dengan tepat, memiliki Brand Value yang tepat, Memberi daya tarik bagi konsumen, Memudahkan perusahaan mendapatkan loyalitas pelanggan terhadap produk / jasa, dan peluang bagi pengusaha untuk menetapkan harga jual tinggi, dan memiliki konsep yang tepat.

Untuk faktor yang mempengaruhi merek (branding) antara lain adalah Kekuatan & Inovasi Merek, Kesetiaan dan Daya Tahan Konsumen, dan Situasi Pasar & Inovasi Merek. Dan yang terakhir adalah strategi dalam menjalankan branding yaitu Membuat Logo sendiri, Menggunakan Marketplace yang terkenal, Website sebagai Media Branding, dan Pemasaran menggunakan sosial media.

Penulis : Kharisma Khansa Putri