“TOPENG LORENG” SAMIRANAN PUNYA

Desa Samiranan, Kecamatan Kandangan, Temanggung – Samiranan merupakan salah satu desa di Kecamatan Kandangan yang kaya akan budaya. Topeng loreng, topeng ireng dan kubro siswo adalah kesenian yang sudah diakui kehebatannya. Tak dipungkiri disetiap tarian nan eloknya terdapat sejuta makna yang mampu menarik ratusan mata yang melihatnya.

Topeng loreng misalnya, salah satu kesenian yang dilestarikan oleh para seniman di Desa Samiranan. Para seniman dilatih oleh seorang penari profesional dari Ngadirejo. Latihan rutin dilakukan setiap malam minggu dan malam kamis di Dusun Samiranan tepatnya di depan rumah Bapak Chamdani selaku Kepala Desa Samiranan. Latihannya dimulai pukul 20.00 hingga selesai. Seniman topeng loreng Desa Samiranan terdiri dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua pun sangat antusias dalam mengikuti latihan ataupun hanya menonton, apalagi ditambah alunan musik ga20170729_162553melan yang menggugah jiwa menjadikan suasana semakin semarak.

Pada tanggal 29 Juli 2017, para seniman Topeng Loreng Desa Samiranan mendapat undangan untuk pentas di acara sunatan di daerah Candiroto. Kamipun larut dalam pementasan tersebut. Rombongan seniman bersiap-siap untuk segera berangkat menuju tempat acara menggunakan truk, mobil pick up, dan beberapa sepeda motor karena jaraknya yang lumayan jauh. Setelah sampai di Candiroto, tim kkn langsung membantu para seniman kecil untuk bersiap-siap karen20170729_165119a yang akan tampil adalah Tari Topeng Loreng Junior Samiranan, Tayub, lalu  dilanjutkan Tari Topeng Loreng Senior Samiranan sehabis solat isya’. Nah, menurut informasi dari pelatih, sebelum para seniman menarikan Tarian Topeng Loreng, harus melakukan beberapa ritual terlebih dahulu agar pementasan tarian topeng loreng dapat berjalan dengan lancar hingga akhir acara.