Handsanitizer Tanpa Alkohol Murah dan Praktis Tutorial dari Mahasiswa KKN Tematik UNDIP x UNICEF untuk Warga RW 03 Perumahan Intan Sambiroto

RW 03 Kelurahan Sambiroto (15/11/2021) Pembuatan vidio tutorial Handsanitizer alami tanpa alkuhol dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF. Handsanitizer tanpa alkohol ini dibuat dari bahan daun sirih dan aloevera.

warga RW 03 terpantau banyak yang memiliki tanaman Daun sirih dan aloe vera sehingga tanaman yang ditanam di pekarangan rumah ini bisa dimanfaatkan sebagai cairan antiseptik murah dan praktis untuk menghemat biaya pengeluaran rumah tangga setiap bulan nya. handsanitizer ini mudah dibuat berikut adalah langkah-langkah pembuatannya :

  1. siapkan alat dan bahan : panci tim dan kompor , air putih , daun sirih 3-5 lembar , tumbuhan aloevera 2 ruas , botol handsanitizer bekas/ botol seprot bekas.
Bahan Daun Sirih dan Aloevera

2. lakukan penge- tim an daun sirih dengan lidah buaya yang sudah di bersihkan dan dikupas dengan air 500 ml selama 15 menit.

Proses Penge Tim an daun sirih dan aloevera

3. Setelah itu saring sari sari airnya dan masukan kedalam wadah botol plastik semprot seperti dibawah ini :

Hasil Pengemasan Handsanitizer

maka handsanitizer ini siap untuk di gunakan vidio tutorial ini di sebarkan melalui grup whatsapp ibu-ibu PKK RW 03 Kelurahan Sambiroto.

Penulis : Eva Qatrunnada

Jurusan Teknik geodesi UNDIP

Dosen Pembimbing : Dr. Cahya Tri Purnami, S. KM., M. Kes.