Wujudkan Upaya Percepatan Vaksinasi Covid-19, Mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF Lakukan Sosialisasi Kupas Penat (Faktor Penting dan Manfaat) Vaksinasi Covid-19

Sosialisasi Kupas Penat Vaksinasi

Balapulang Kulon, Kabupaten Tegal, 18 November 2021 – Vaksinasi Covid-19 saat ini masih menjadi langkah paling ampuh untuk dapat menghentikan pandemi covid-19 yang ada. Oleh karena itu, pemerintah dan seluruh tenaga kesehatan kini sedang sangat menggencarkan kegiatan vaksinasi covid-19 untuk dapat mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Berdasarkan data pada Our World in data per 10 November 2021 warga Indonesia yang telah menerima vaksin covid-19 adalah sebanyak 46.07%, dengan rincian 29,29% sudah menerima vaksinasi penuh (Dosis 1 dan 2) dan 16,78% sudah menerima vaksinasi dosis 1. Hal tersebut masih cukup jauh dari target untuk mencapai herd immunity yaitu sekitar 70%. Ini terjadi karena banyak faktor, diantara banyaknya faktor tersebut salah satu faktornya adalah kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai vaksin yang ada.

Berpegang pada hal itu maka untuk membantu upaya percepatan vaksinasi covid-19 Mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF lakukan sosialisasi Kupas Penat (Faktor Penting dan manfaat) Vaksinasi Covid-19. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMPN 01 Balapulang secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Target dalam kegiatan ini adalah para pelajar, hal tersebut bertujuan untuk mendorong peran generasi muda sebagai penerus bangsa untuk bisa membantu menghimbau masyarakat sekitar.

Kegiatan berjalan dengan lancar karena para siswa sangat antusias dengan materi yang disampaikan. Selain menyampaikan mengenai faktor penting dan manfaat vaksinasi covid-19 Mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF juga memberikan wawasan mengenai apa itu Herd Immunity dan KIPI (Kegiatan Ikutan Pasca Imunisasi), sehingga para siswa dapat semakin memahami kebermanfaatan vaksinasi covid-19 dan dapat membantu menghimbau masyarakat untuk berbondong-bondong dan aktif berpartisipasi dalam menerima vaksinasi covid-19.

Disamping pemberian materi inti, mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF turut pula mengajarkan para siswa cara menghitung probabilitas atau peluang penularan covid-19 berdasarkan data sampel yang ada, diajarkan pula penghitungan resiko penularan ketika tubuh sudah menerima vaksin, hal ini dihitung berdasarkan data efikasi setiap jenis vaksinnya. Pada kegiatan pengajaran ini para siswa tampak sangat bersemangat, serta aktif, dan bahkan berani maju kedepan untuk berlatih secara langsung melakukan perhitungan yang ada. Setelah sosialisasi dan pengajaran diiringi diskusi aktif usai, kegiatan dilanjut dengan pembagian masker untuk mendukung upaya penerapan protokol kesehatan, hal ini pun disambut dengan baik oleh para siswa.

Kegiatan Sosialisasi dan Pengajaran
Pembagian Masker

Mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF tak lupa pula menyerahkan poster Kupas Penat Vaksinasi kepada pihak SMPN 01 Balapulang, yang selanjutnya kemudian poster tersebut dipasang di tempat-tempat strategis yang dapat dilihat dan dibaca sehingga bermanfaat bagi para siswanya.

Penyerahan Poster Kupas Penat Vaksinasi

Dengan kegiatan sosialisasi, pengajaran serta pemasangan poster tersebut diharapkan pengetahuan mengenai vaksin, baik terkait manfaat, faktor penting atau bahkan hingga efikasinya dapat tersalurkan dan menjadi lebih luas, sehingga dapat menjadi pendukung untuk bisa berpatisipasi aktif dalam vaksinasi covid-19 agar dapat memenuhi terciptanya Herd

Penulis: Dinda Avita Riskiana (Matematika 2019)

DPL 1: Amni Zarkasyi Rahma, S.A.P., M.Si