Masuk Sekolah di Masa Pandemi? PTM Aman Perlu Diterapkan. Mahasiswa KKN UNDIP X UNICEF Mengajak Siswa SLB Untuk Menerapkan 3M Saat PTM


Gambar 1. Video Edukasi PTM Aman dengan Penerapan 3M

Demak (12/11) – Adanya pandemic COVID-19 yang merajalela dari pertengahan tahun 2020, menyebabkan semua satuan pendidikan menerapkan pembelajaran secara daring atau pembelajaran di rumah saja. Kini, kasus Pandemi COVID-19 mulai menurun dan beberapa sekolah sudah mencoba melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara langsung. Selama pembelajaran tatap muka di sekolah berlangsung, maka diperlukan upaya pencegahan penularan virus COVID-19. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan protocol kesehatan yang tepat dan ketat seperti penerapan 3M yaitu Mencuci tangan memakai sabun, memakai masker, dan menjaga jarak. Selain itu, siswa-siswi harus melakukan vaksinasi COVID-19 agar mempunyai kekebalan tubuh yang lebih baik. Adanya hal tersebut, mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) turut serta dalam upaya pencegahan virus COVID-19, salah satunya dengan pengabdian kepada masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata. Adapun tema kegiatan KKN ini yaitu, “Sinergisitas antara Akademisi dan Pemerintah dalam Mendukung Pencapaian SDGs Melalui Percepatan Vaksinasi serta Pencegahan Penularan Covid-19 di Provinsi Jawa Tengah”.

Kegiatan KKN tematik ini dilaksanakan secara offline namun, tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada agar program kerja tetap dapat berjalan sesuai dengan situasi dan kondisi. Salah satu program kerjanya yaitu dengan Mendukung Keselamatan PTM di Masa Pandemi Covid-19 dengan Edukasi Pentingnya Vaksinasi dan Penerapan Prosedur 3M.

Gambar 2. Dokumentasi kegiatan Edukasi di SLB
Gambar 3. Dokumentasi kegiatan Edukasi di SLB
Gambar 4. Dokumentasi Kegiatan Edukasi di SLB

Kegiatan edukasi selama masa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Sekolah ini dilakukan dengan edukasi secara langsung kepada siswa SLB dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dalam kegiatan edukasi tersebut, dijelaskan bagaimana penerapan protokol kesehatan 3M dengan benar dan juga apa pentingnya vaksinasi covid-19. Kegiatan edukasi yang dilaksanakan secara langsung dengan media video animasi tentang penerapan 3M saat PTM serta dibagikan pamflet terkait pentingnya vaksinasi COVID-19. Selama kegiatan edukasi berlangsung, siswa-siswi SLB B Yaspenlub Demak mengikuti dengan semangat dan antusias yang luar biasa. Walaupun mereka (siswa SLB) mempunyai kekurangan, tetapi mereka tetap antusias untuk menerapkan protokol kesehatan selama pembelajaran tatap muka.

Gambar 5. Pamflet Pentingnya Vaksinasi COVID-19

Penulis : Delia Fitri Wijayanti Putri (Mahasiswa KKN Tematik UNDIP x UNICEF, Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya)

Dosen Pembimbing : Ir. Gentur Handoyo, M.Si

Lokasi KKN :  Kelurahan Mangunjiwan, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *