Satu langkah lebih maju untuk peduli dengan sesama, Mahasiswi KKNT Undip x Unicef memberi pelatihan konselor sebaya bagi remaja.

Blora, Minggu (14/11/2021) –  Masa remaja merupakan masa transisi kehidupan individu dari anak-anak hingga menjelang dewasa. Pada masa transisi ini sering kali disertai dengan adanya keinginan untuk bebas dan mulai banyak permasalahan yang muncul.

Selama masa remaja, hubungan dengan teman sebaya mulai lebih diutamakan daripada hubungan dengan keluarga. Meskipun interaksi keluarga masih penting dan penting untuk perkembangan remaja, remaja sering lebih menekankan pada persepsi dan nilai-nilai teman-teman mereka. 

Dengan adanya fenomena tersebut, Azizah Ayu Abdiani mahasiswi Psikologi Universitas Diponegero dalam pelaksanaan KKNT Undip x Unicef berinisiatif untuk menyelenggarakan program yang berjudul Pelatihan Konselor Sebaya “kita punya teman cerita” guna mencegah perilaku beresiko pada remaja. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Mlangsen, tepatnya dikediaman Bidan Desa. Kegiatan ini juga melibatkan Bidan Desa Mlangsen, Posyandu Remaja Cendana Raya, Ketua RT 11/03, dan UPTD Puskesmas Blora.

“Sebenarnya saya ingin teman-teman aware dengan kesehatan mental, mungkin dapat dimulai dari lingkungan sekitar seperti teman. Peduli dengan teman yang memiliki masalah, dapat menjadi pendengar yang baik, dan hal-hal kecil seperti itulah yang ingin saya tingkatkan. Mulai dari remaja awal yang memang masa dimana banyak problem yang muncul” Tuturnya.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan dinilai memiliki manfaat bagi para remaja. “kegiatan ini sangat bermanfaat, biar bisa jadi next konselor sebaya dan peduli akan kesehatan mental. Apalagi studi kasusnya yang bikin anak-anak jadi mikir dan menganalisis” ucap Bidan desa Mlangsen.

Kegiatan ini berlangsung selama dua jam dengan 20 partisipan. Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat peningkatan hasil post-test. Hal ini menunjukkan bahwa acara ini sukses meingkatkan pengetahuan remaja akan koselor sebaya.