Pelaksanaan Program “Kampungku Rumahku” oleh Mahasiswi KKN Tematik UNDIP X UNICEF untuk Meningkatkan Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap

 Cilacap 17/11 – Target Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) pada bayi dan balita yang cukup terhambat pencapaiannya dikarenakan adanya pandemi membuat Pemerintah didesak untuk memprioritaskan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL), jangan sampai penurunan cakupan Imunisasi dapat mengakibatkan  turunnya status kesehatan secara nasional dan kemudian meningkatkan kejadian penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Oleh karena itu Pemerintah harus tetap gencar dalam mensosialisasikan dan memberikan edukasi terkait Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) serta memantau pencapaian target Imunisasi bayi dan balita supaya dapat mencapai target yang direncanakan atau bahkan lebih. 

Sangat diharapkan Pemerintah tetap dapat melaksanakan pelayanan vaksinasi di puskesmas, posyandu, rumah sakit dan layanan kesehatan lainnya dengan menerapkan protokol kesehatan yang lengkap. Berdasarkan survei di kelurahan cilacap banyak bayi dan balita yang tertunda Imunisasinya akibat stok vaksin imunisasi yang ada di pelayanan kesehatan kosong ,oleh karena itu Pemerintah sebaiknya mencukupi stok vaksin Imunisasi disetiap fasilitas pelayanan kesehatan yang ada supaya cakupan Imunisasi di setiap wilayah meningkat dan kebutuhan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) untuk bayi dan balita terpenuhi. Imunisasi dasar lengkap yang harus dipenuhi oleh bayi berusia kurang dari 24 jam diberikan imunisasi Hepatitis B (HB-0), usia 1 bulan diberikan (BCG dan Polio 1), usia 2 bulan diberikan (DPT-HB-Hib 1 dan Polio 2), usia 3 bulan diberikan (DPT-HB-Hib 2 dan Polio 3), usia 4 bulan diberikan (DPT-HB-Hib 3, Polio 4 dan IPV atau Polio suntik), dan usia 9 bulan diberikan (Campak atau MR). Untuk imunisasi lanjutan, bayi bawah dua tahun (Baduta) usia 18 bulan diberikan imunisasi (DPT-HB-Hib dan Campak/MR).

Untuk membantu Pemerintah dalam meningkatkan cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) dan memantau keberjalanan Imunisasi, Mahasiswi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Divia Nur Annisa dengan Dosen Pembimbing Triyono,SH.M.Kn dan dr. Sri Winarni, M.Kes melaksanakan program “Kampungku Rumahku”, program ini dilakukan dengan memberikan edukasi kepada kader terkait pentingnya Imunisasi dan pengisian tabel kelengkapan Imunisasi Dasar Lengkap program ini juga memberdayakan kader dan ibu-ibu yang datang ke posyandu untuk saling mengingatkan jadwal imunisasi anaknya agar tidak terlambat. Program ini dilakukan di posyandu RW 8 Kelurahan Cilacap,  pada posyandu tersebut diberikan dan dipasang banner “Kampungku Rumahku” yang berisi tabel kelengkapan Imunisasi untuk bayi dan balita yang berkunjung ke posyandu tersebut untuk memantau kelengkapan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL). 

Kelengkapan Imunisasi untuk bayi dan balita itu sangat penting guna mencegah anak terserang penyakit berbahaya seperti TBC, Campak, Hepatitis, Polio, Difteri, Tetanus dan penyakit lainnya yg dapat dicegah dengan Imunisasi ketika tumbuh besar. Serta Imunisasi penting sekali untuk meningkatkan derajat kesehatan pada masyarakat dalam skala Nasional.

Penulis : Divia Nur Annisa

Dosen Pembimbing :  Triyono,SH.M.Kn dan dr. Sri Winarni, M.Kes

#KKNtematikUNDIPXUNICEF #UNICEF #UNDIP #P2KKN #LPPMUNDIP #KKNTematik