Bersama Mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF Tidak Menjadikan Pandemi COVID-19 sebagai Penghalang untuk Berolahraga

Semarang (26/11/2021). Kondisi pandemi COVID-19 selama 2 tahun ini, sering menjadi alasan penghalang bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan fisik. Alasan penghalang tersebut semakin lama menjadikan kemalasan untuk melakukan kegiatan fisik. Kegiatan fisik dapat berupa olahraga. Sisi lain, dengan adanya kegiatan berolahraga dapat menjadi salah satu upaya pencegahan COVID-19. Oleh karena itu, bersama Mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF memberikan pengedukasian dengan pendekatan personal ke ibu-ibu warga RT 07 RW 04 Kelurahan Mugassari.

Pelaksanaan edukasi ini dilaksanakan pada hari Rabu, 24 November 2021. Ibu-ibu warga RT 07 RW 04 Kelurahan Mugassari telah dipilih siapa yang mendapatkan edukasi ini. Pemilihan tersebut telah didiskusikan bersama dengan ketua RT 07 RW 04. Hal ini dikarenakan yang terpilih masih kurang untuk melakukan kegiatan fisik olahraga, sisi lain memiliki potensi untuk menyebarluaskan pengedukasian ini. Edukasi dilakukan secara informal. Terdapat dua ibu warga RT 07 RW 04 Kelurahan Mugassari yang terpilih, yaitu Ibu Asih dan Ibu Yayuk. Ibu Asih yang memiliki warung jualan makanan, dimana warung tersebut ramai di setiap pagi. Ibu Yayuk merupakan ketua dawis, yang mana memiliki potensi untuk memberikan pengaruh untuk melakukan kegiatan fisik olahraga.

Gambar 1. Bersama Bu Asih memberikan Edukasi

Edukasi yang diberikan berupa informasi sederhana mengenai jenis-jenis olahraga yang dapat dilakukan yaitu terdapat kardio, senam aerobik, dan yoga serta informasi mengenai manfaat dari berolahraga di masa pandemi COVID-19. Bu Asih memberikan respon yang sangat baik, dengan menempelkan poster edukasi di warung jualan makanannya. Penempelan poster tersebut daoat dilihat oleh para pembeli. Bu Asih juga mengatakan bahwa beliau baru mengetahui yoga termasuk dalam olahraga. Adapun respon yang diberikan Bu Yayuk juga bagus Beliau menerima dengan sangat terbuka mengenai informasi dalam edukasi ini.

Gambar 2. Bersama Bu Yayuk memberikan Edukasi

Wujud penyebarluasan edukasi ini, dilakukan pula ke salah satu warga RT 08 RW 04 Kelurahan Mugassari yaitu Bu Hesti. Beliau merupakan salah satu warga yang aktif dalam kegiatan RT 08 RW 04 Kelurahan Mugassari. Bu Hesti memiliki relasi yang cukup banyak dan baik dengan warga RW 04 Kelurahan Mugassari. Beliau juga menerima sangat terbuka atas informasi edukasi ini. Beliau juga menyampaikan bahwa edukasi ini akan diteruskan ke ketua RT 08, sehingga dapat disebarluaskan ke para warganya.

Gambar 3. Bersama Bu Hesti memberikan Edukasi

Poster edukasi juga ditempelkan oleh Mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF di Balai RW 04 atas seizin dengan bapak ketua RW, Bapak Soewondo. Selain itu juga diberikan ke pihak Kelurahan Mugassari agar ditempelkan di papan pengumuman kantor Kelurahan Mugassari.

Gambar 4. Poster Edukasi di Tempel di Balai RW 04 Kelurahan Mugassari
Gambar 5. Penyerahan Poster Edukasi ke Kelurahan Mugassari

Harapan adanya edukasi ini, dapat memberikan pemahaman dan menyadarkan masyarakat setempat akan perlunya olahraga di masa pandemi COVID-19. Pandemi bukan penghalang untuk menjadi sehat.

Lokasi KKN : Kelurahan Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang

Penulis : Izzatun Nuha (S1-Perikanan Tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan)

Dosen Pendamping :

  1. Dr. Cahya Tri Purnami. S. KM., M. Kes.
  2. Adnan Fauzi, ST , M.Kom