Menggugah Kesadaran Pemilik Warung Makan akan Pentingnya Penerpan 3M di Warung Makan pada Wilayah dengan Mobilitas Tinggi
Cilacap terkenal dengan kota Industri karena banyaknya industri di wilayah Cilacap salah satunya pada Kelurahan Lomanis. Di Kelurahan Lomanis terdapat dua Industri Besar yaitu Kilang Pertamina RU IV dan PT Holcim Indosnesia serta banyak lagi proyek- proyek yang merupakan sub dari PT Pertamina. Dengan tingginya lapangan pekerjaan yang ada tidak menutup kemungkin banyak pendatang baru sehingga dapat dikatakan Kelurahan Lomanis memeiliki tingkat mobilitas yang sangat tinggi.
Dengan banyaknya proyek juga berbanding lurus dengan banyaknya jumlah warung makan di Kelurahan Lomanis. Pandemi membuat kekhawatiran muncul ketika para pekerja yang berasal dari luar Cilacap makan di warung makan yang tidak menerpakan protokl kesehatan dengan benar.
Ketika mahasiswa KKN melakukan survey di beberapa warung makan yang ada hampir 90% tidak menerapakan protokal kesahatan. Menanggapi situasi tersebut mahasisa KKN membuat program untuk mengedukasi pemilik warung makan terkait penerapan 3M di warung makan mereka.
Edukasi berjalan dengan lancar para pemilik warung menerima dan akan berusha menerapakan 3M di warung mereka. Pembagian masker dan handsanitizer juga dilakukan kepada para pemilik warung guna menambah semangat mereka. “ Insyaalah kedepaanya saya akan menerapkan 3 M ini mba, saya juga jadi takut” tutur Bu Mursinah salah satu pemilik warung makan yang didatangi.
Pelatihan pembuatan handsanitizer dengan bahan alami yang ekonomis juga dilakuakn supaya menghidari alasan tidak menerpakan 3 M karena harga handsanitizer/sabun yang mahal.
Pemantauan oleh mahasiswa dilakuakan dengan membuat grup whatsaup yang beranggotakan para pemilik warung dan diketuai oleh salah satu pemilik waung yang sudah lama yaitu Pak Poniman.
Penerapam 3M di warung makan ini dapat mencegah penularan coivid 19 di wilayah Kelurahan Lomanis yang mobilitas penduduknya cukup tinggi. Langkah – langkah preventif ini harapanya dapat di terapkan secara terus menerus sehingga akan menjadi kebiasaan di masyarakat.
Penulis : Sheilla Nur Rahma (Manajemen 2019)
Dosen Pembimbing Lapangan : Triyono., SH., M.Kn dan Dr. Sri Winarni., M.Kes