Kegiatan Pentingnya Pemantuan Vaksinasi pada Baduta menjadi Salah Satu Program Utama KKN Tematik Undip

Kegiatan KKN Tematik Undip UNICEF periode 18 Oktober hingga 28 November menjadi salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan. Hal ini berhubungan dengan kewajiban vaksinasi yang perlu dilakukan oleh balita. Seperti yang kita ketahui, vaksinasi pada balita perlu untuk digencarkan dan dilakukan oleh setiap balita di Indonesia. Program pemerintah inilah yang mejadi salah satu kegiatan KKN Tematik UNDIP UNICEF saat ini.

Kegiatan pendataan baduta ini dilakukan oleh mahasiwi Universitas Diponegoro yang menjadi salah satu partisipan KKN Tematik Undip UNICEF. Ia menuturkan bahwa pendataan dilakukan pada empat posyandu di Kelurahan Kebonagung.

“Saya melakukan pendataan baduta, juga sekaligus melakukan pengawasan di empat tempat posyandu Desa Kebonagung serta memberikan edukasi kepada ibu-ibu balita. Hal ini selain menjadi salah satu momen penting dalam pelaksanaan keberhasilan program vaksinasi balita, juga sebagai sarana untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya ASI eksklusif dan MPASI tepat waktu”. Ujar mahasiswa asal program studi gzi tersebut. Pada dasaranya pendataan vaksinasi baduta ini menjadi penting untuk memonitor apakah kegiatan vaksinasi berjalan dengan baik atau tidak. Selain itu, pendataan vaksinasi baduta yang juga dikombinasikan dengan edukasi kepada ibu-ibu balita di posyandu juga akan memberikan insight lebih luas kepada mereka dalam hal pola asuh anak

KKN Tematik UNDIP UNICEF Kendal, Adlina Islamiyah
DPL: Farid Agushybana, S.KM., DEA., Ph.D