Mahasiswa KKN Tematik Undip X Unicef Melakukan Sosialisasi kepada Masyarakat Kelurahan Ngelo RT 03 RW 05 tentang KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi)

(Cepu, 27/11) Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau biasa disebut PPKM merupakan kebijakan yang dibuat pemerintah dengan tujuan untuk membatasi kegiatan masyarakat yang memiliki potensi timbulnya kerumunan sebagai pencegahan penyebaran virus Covid-19. PPKM diberlakukan untuk membendung laju kenaikan kasus positif virus Covid-19. PPKM sudah diterapkan semenjak tanggal 3 Juli 2021 yang berlaku hingga sekarang dengan penetapan level sesuai kondisi wilayah masing-masing dari wilayah Jawa dan Bali.

Dilansir dari kompas.com, Kabupaten Blora per 6 Oktober 2021 kembali ke PPKM level 3 yang sebelumnya turun ke level 2. Hal ini disebabkan capaian angka vaksinasi belum mencapai angka 50 persen dari total 715.441 dosis, sehingga menanggapi permasalah ini dilakukan upaya percepatan vaksinasi Covid-19 yang salah satunya diadakan Kelurahan Ngelo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk wilayah Kelurahan Ngelo dilakukan di RT 03 RW 05. Hal ini dilatarbelakangi adanya stigma atau anggapan dari masyarakat terkait efek setelah vaksin Covid-19 seperti demam, pusing, pegal-pegal, dan lainnya yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Padahal, jika setelah vaksinasi Covid-19 kemudian terjadi efek-efek seperti pusing, demam, atau lainnya, hal tersebut merupakan hal yang positif dikarenakan terjadi adaptasi imun tubuh dengan antigen vaksin.

Menyikapi permasalahan ini, Mahasiswa Undip yang melaksanakan program KKN Tematik kerjasama UNDIP X UNICEF melakukan sebuah penyuluhan atau sosialisasi mengenai KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) kepada Masyarakat RT 03 RW 05 Kelurahan Ngelo dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang KIPI agar tidak panik dan salah memahami efek tersebut. Sosialisasi juga bertujuan untuk menggugah motivasi masyarakat untuk ikut program vaksinasi Covid-19 dari kelurahan baik yang belum ikut vaksinasi ataupun yang baru pertama kali ikut vaksinasi. Selain sosialisasi, program ini juga menyebarkan leaflet terkait KIPI yang diberikan kepada masyarakat setelah melakukan vaksinasi.

Penulis : Mohamad Alfin Pratama Bintang (Kesehatan Masyarakat 2019)

Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Ir. Martini, M.Kes dan Satriyo Adhy, S.Si., M.T