Imunisasi Dasar Lengkap pada Baduta? Memangnya Baduta itu apa sih?

Semarang (27/11/2021) – KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik Undip x UNICEF 2021 mengangkat tema “Sinergitas Antara Akademisi dan Pemerintah dalam Mendukung Pencapaian SDGs Melalui Percepatan Vaksinasi serta Pencegahan Penularan Covid-19 di Provinsi Jawa Tengah”.
Cindy Aprilina merupakan salah satu mahasiswi Undip yang mengikuti kegiatan KKN Tematik tersebut. Demi menyukseskan program UNICEF (Percepatan Vaksinasi pada Baduta), Cindy melakukan pendataan baduta (Bayi Dua Tahun) bersamaan dengan edukasi IDL (Imunisasi Dasar Lengkap) melalui media flyer pada warga Kelurahan Gayamsari, Semarang Jawa Tengah.
Pendataan IDL pada anak usia baduta mengacu pada Form KPC (Kartu Pantau Cepat), dimana melalui form KPC ini, kita dapat mengetahui berapa presentase baduta yang belum dan sudah mendapatkan imunisasi dasar yang lengkap beserta dengan alasannya, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah untuk tidak hanya berfokus pada pengadaan vaksin Covid-19 saja tetapi juga memperhatikan keberlangsungan imunisasi pada bayi. Pendataan dan edukasi flyer dilakukan dengan sistem door to door.
Dengan adanya edukasi IDL pada warga, diharapkan warga yang mempunyai anak balita dapat semakin paham terkait jenis – jenis imunisasi dan manfaat apa saja yang akan diterima, serta pada usia berapa saja imunisasi diberikan. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya keterlambatnya penerimaan IDL. IDL yang dilaksanakan 100% mampu melindungi anak dari beragam penyakit serius yang berpotensi membahayakan atau bahkan menyebabkan kematian.

Penulis : Cindy Aprilina A P, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan KKN :

  1. Dr. Adu Nugroho, M.Si.
  2. Dr. Ir. Martini, M.Kes.

Lokasi KKN : Kel. Gayamsari, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah