Mahasiswa KKN Tematik Undip X Unicef Melakukan Pemberdayaan Siswa SDN 1 Ngelo dalam Meningkatkan Penerapan Protokol Kesehatan dengan Tujuan Sekolah Bebas Covid-19.
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia berpengaruh pada berbagai aspek salah satunya pendidikan. Pada saat pandemi Covid-19 kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara daring selama satu tahun lebih. Namun dengan adanya kebijakan PPKM yang dikeluarkan pemerintah dan juga upaya vaksinasi kepada masyarakat menimbulkan dampak positif yaitu berkurangnya kasus Covid-19 di Indonesia.
Dampak positif penurunan kasus Covid-19 membuat 4 Kementrian mengeluarkan SKB tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Kegiatan ngajar mengajar dilakukan secara tatap muka meskipun harus menggunakan sistem pembelajaran terbatas agar tidak terjadinya klaster baru Covid-19. Dilansir melalui Kompas.com pembelajaran tatap muka berpotensi menimbulkan klaster baru Covid-19 karena diketahui adanya klaster baru akibat pembelajaran tatap muka (PTM) di sejumlah daerah di Indonesia, maka dari itu dibutuhkan perhatian dari pihak sekolah untuk berhati-hati dan mengutamakan penerapan protokol kesehatan pencegahan virus corona dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka.
Adanya permasalahan klaster baru di berbagai daerah akibat PTM menjadi perhatian tersendiri untuk Mahasiswa Undip yang melaksanakan program KKN Tematik bekerjasama dengan UNICEF. Upaya yang dilakukan Mahasiswa Undip yaitu membuat program yang dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di SDN 1 Ngelo yang sedang melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Program yang dilaksanakan yaitu berupa sosialisasi tentang pentingnya 3 M dan bagaimana menerapkan 3M dengan benar, melakukan praktek 3M yang benar, memberikan masker secara gratis kepada siswa-siswi SDN 1 Ngelo serta memberikan hadiah berupa hand sanitizer kepada siswa yang berani mempraktekkan bagaimana caranya cuci tangan yang benar.
Penulis : Mohamad Alfin Pratama Bintang (Kesehatan Masyarakat 2019)
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Ir. Martini, M.Kes dan Satriyo Adhy, S.Si., M.T