AYO CEGAH CORONA! Mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF 2021 Ajak Warga Desa Taman Cegah Virus Covid-19 Dengan 3M.

Whats-App-Image-2021-11-29-at-16-41-28

Pemalang (29/11) – Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia saat ini mengalami peningkatan karena adanya varian baru dari virus Covid-19. Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 jumlah kasus positif di Indonesia per tanggal 27 November 2021 mencapai 4.255.672 dengan 4.103.639 orang sembuh dan 143.807 orang meninggal dunia. Penularan Covid-19 terjadi melalui droplets (tetesan) seseorang ketika batuk ataupun bersin. Droplets (tetesan) ini dapat menempel pada permukaan benda sehingga benda-benda disekitar dapat menjadi media penularan Covid-19 tanpa kita sadari.Gerakan 3M pun terus didengungkan pemerintah sebagai upaya menekan angka penularan di masyarakat.

Adysti Maurisa Nurul Inayah, Mahasiswa KKN Undip di Desa Taman menjelaskan, Pencegahan virus Covid-19 dapat dilakukan dengan cara 3M. 3M merupakan singkatan dari memakai masker, mencuci tangan,menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Dengan menerapkan 3M kita dapat memutus rantai penyebaran virus Covid-19 yang di mulai dari diri sendiri. Lewat gerakan 3M, seseorang bisa meminimalkan paparan terkena virus corona dan dapat  menekan adanya klaster-klaster baru penularan virus corona agar tidak terus bertambah.

“Saya menerapkan program ini dilaksanakan dengan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat Desa Taman secara door to door pencegahan virus Covid-19. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengingatkan tetap selalu menerapkan protokol kesehatan yang di mulai dari diri sendiri dengan cara menerapkan gerakan 3M”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 November 2021 dengan sasaran warga Desa Taman, Kabupaten Pemalang. Program KKN ini berguna untuk mengingatkan masyarakat tetap selalu  menerapankan 3M dalam segala aktivitas. “Program ini diharapkan masyarakat desa Taman dapat lebih memahami dan peduli akan pentingnya penerapan 3M dalam segala aktivitas terutama di luar rumah karena pandemi belum selesai”.

Whats-App-Image-2021-11-29-at-17-00-18
Gambar 1. Mahasiswa Undip Melakukan Sosialisasi Door To Door Pencegahan Virus Covid-19

Masyarakat RW 12 Desa Taman menyambut baik program edukasi dan sosialisasi ini dengan mengggunakan media poster sebagai bahan sosialisasi pencegahan virus Covid-19 .

Harapannya dengan adanya program KKN ini, masyarakat Desa Taman dapat lebih memahami dan peduli serta menerapkan protokol kesehatan dengan gerakan 3M di segala aktivitas terutam di luar rumah.

Penulis : Adysti Maurisa Nurul Inayah, Fakultas Sains dan Matematika, Program Studi S-1 Fisika

Dosen Pembimbing : Amni Zarkasyi Rahman, S.A.P., M.Si

Lokasi KKN : Desa Taman, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

#KKNtematikUNDIPxUNICEF#UNDIP #UNICEF#P2KKN#LPPMUNDIP #KKNTematik#Vaksinasi