MAHASISWA KKN TEMATIK UNDIP X UNICEF LAKUKAN PENDATAAN BADUTA DI DESA TAMAN

Pemalang (29/11) – Imunisasi pada anak merupakan upaya memperoleh kekebalan tubuh secara buatan melalui pemberian kuman hidup yang dilemahkan atau bagian tubuh dari kuman untuk membentuk antibodi.  Imunisasi dapat dilakukan di posyandu, puskesmas atau rumah sakit dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Posyandu merupakan pelayanan kepada anak yang bertujuan untuk memantau pertumbuhan anak, dimana program posyandu meliputi KIA,KB,Imunisasi,Gizi dan pendidikan pola hidup sehat. Setiap bulan Desa Taman rutin menyelenggarakan posyandu. Posyandu dilakukan secara bergilir di setiap RW. RW 12 mendapat giliran pada tanggal 21 Oktober 2021 dan RW 11 mendapat giliran tanggal 23 Oktober 2021. Para balita dan anak-anak mendapat pelayanan untuk dilakukan beberapa pengukuran yaitu berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala.

Whats-App-Image-2021-10-21-at-19-18-23
Gambar 1. Mahasiswa Undip Membantu Kegiatan Posyandu di Desa Taman

Selain itu di Desa Taman juga mengadakan imunisasi kepada balita yang diadakan pada tanggal 28 Oktober 2021. Pada imunisasi di sediakan beberapa vaksin yaitu BCG, DBT , Polio dan Campak.

Menurut Adysti, Pemberian imunisasi di masa pandemi COVID-19 harus tetap dilakukan untuk dapat melindungi anak dan masyarakat pada PD3I (penyakit menular yang dapat dicegah dengan imunisasi).

Whats-App-Image-2021-10-28-at-16-06-28
Gambar 2. Mahasiswa Undip Membantu Kegiatan Imunisasi di Desa Taman

Harapan dengan diadakannya program KKN ini mahasiswa KKN Tematik Undip dapat membantu meningkatkan index kesehatan bayi juga dilakukan melalui pendataan Kartu Pantau Imunisasi selama Covid-19 yang berfungsi untuk mengetahui imunisasi pada baduta yang telah di terima baduta.

Penulis : Adysti Maurisa Nurul Inayah, Fakultas Sains dan Matematika, Program Studi S-1 Fisika

Dosen Pembimbing : Amni Zarkasyi Rahman, S.A.P., M.Si

Lokasi KKN : Desa Taman, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

#KKNtematikUNDIPxUNICEF#UNDIP #UNICEF#P2KKN#LPPMUNDIP #KKNTematik#Vaksinasi