Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Ikut Berkontribusi dalam Pelaksanaan Vaksinasi di Desa Pucangrejo

Kendal, Jawa Tengah – Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Ikut berkontribusi dalam Pelaksanaan program vaksainasi masal bagi masyarakat Desa Pucangrejo Kecamatan Gemuh. Sebanyak kurang lebih 500 orang berantusias mengikuti vaksinasi gratis ini. Para warga mengaku senang, Pemerintah desa Pucangrejo mengadakan acara vaksinasi gratis ini, di samping karena vaksinasi ini penting bagi kesehatan, mereka juga lebih mudah mendapatkan layanan vaksinasi yang jaraknya dekat dari rumah mereka, tanpa harus pergi ke puskesmas yang jaraknya cukup jauh. Seperti yang telah dijelaskan oleh beberapa tenaga ahli di bidang kesehatan bahwa vaksinasi ini sangat efektif untuk menekan kasus penularan Covid-19, walaupun vaksinasi ini tidak bisa seratus persen melindungi kita dari paparan virus, setidaknya dengan vaksinasi ini dapat mengurangi resiko apabila terkena paparan virus.

            Sebelum melaksanakan acara vaksinasi, mahasiswa KKN terlebih dahulu berkoordinasi dengan Pak Kadus setempat, untuk membuat poster yang berisi tentang jadwal dan tempat pelaksanaan vaksinasi di Desa Pucangrejo, kemudian poster tersebut ditempelkan di beberapa tempat umum yang sering di lalui oleh orang banyak. Hal ini bertujuan agar semua kalangan masyarakat bisa mengetahui informasi terkait pelaksanaan vaksinasi masal ini. Mahasiswa KKN juga menyebarkan poster tersebut melalui media online, hal ini dirasa cukup efektif untuk menyebar informasi secara lebih luas kepada masyarkat agar mengetahui informasi pelaksanaan vaksinasi.

            Mahasiswa KKN juga mendata bagi siapa saja yang telah melakukan vaksinasi pada daftar hardir. Hal ini agar mudah diketahui masyarakat yang telah melakukan vaksinasi dan yang belum melakukan vaksinasi. Masyarakay yang bellum melakukan vaksinasi nantinya akan didata dan menjadi target vaksinasi pada acara vaksinasi berikutnya. Diharapkan semua masyarakat Desa Pucangrejo dapat melaksanakan vaksinasi, selain itu masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi juga diberi arahan bahwa vaksinasi ini sangat penting bagi kesehatan dan m,erupakan salah satu upaya untuk menekan laju penularan  covid-19. Seperti yang diketahui masih banyak masyarakat yang enggan melaksanakan vaksinasi dengan alasan takut setelah vaksinasi menjadi sakit. Tentu saja ini masih menjadi momok menakutkan bagi masyarkat. Setelah dilakukan pendampingan ini diharapkan masyarakat menjadi tidak takut lagi untuk divaksinasi dan mau melaksanakan vaksinasi.  

           Selain melakukan sosialisasi pada masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi karena takut. Pemerintah Desa Pucangrejo juga  mendatangi rumah warga yang mengalami disabilitas untuk mempermudah orang tersebut melaksanakan vaksinasi, selain disabilitas, orang dalam angguan jiwa pun tidak luput dari target vaksinasi. Denagn mendatangi rumah warga yang mengalami disabilitas dan gangguan jiwa ini, diharapkan semua kalangan dan lapisan masyarakat Desa Pucangrejo mendapatkan vaksinasi secara merata