Memperkuat Peran Masyarakat dalam Penanganan COVID-19 Melalui Program Jogo Tonggo di Desa Mranggen oleh Mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF

Pada hari Jum’at (19/11) telah berlangsung kegiatan sosialisasi program Jogo Tonggo kepada kelompok Ibu – Ibu Tim Penggerak PKK Desa Mranggen. Kegiatan sosialisasi ini dibarengi dengan Rapat Pleno bulanan TP PKK Desa Mranggen.

Program Jogo Tonggo sejatinya adalah salah satu program dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah untuk pencegahan dini penularan COVID-19. Program ini berjalan pada tingkat Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) setempat. Sehingga cakupan kerja untuk program Jogo Tonggo adalah di bawah Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Desa Mranggen.

Pada awalnya program Jogo Tonggo ini hanya berpaku pada pelaksanaan alur karantina atau isolasi mandiri serta 3T (test, tracking dan treatment) tetapi, berkembang sekarang lebih untuk mengedukasi kepada masyarakat terkait pentingnya protokol kesehatan 3M dan vaksinasi. Pelaksana program ini meliputi keseluruhan lembaga yang ada di tingkat desa hingga RT antara lain, Babinsa, Babhinkamtibmas, TP PKK, Ketua RT dan Ketua RW serta relawan dari masyarakat itu sendiri.

Kegiatan sosialisasi kepada Ibu –Ibu TP PKK Desa Mranggen ini di hadiri 21 pengurus utama yang diketuai oleh Ibu Olif Hasanah. Kegiatan dimulai pada pukul 16.00 – 17.30 WIB yang bertempat di aula kantor Desa Mranggen.

Pemaparan dimulai dengan pengenalan terkait program Jogo Tonggo disertai pembagian bahan materi yang sudah disediakan. Layaknya ibu – ibu yang lain ketika berkumpul acara menjadi lebih santai diselingi dengan gelak tawa dan bercanda dari ibu – ibu.

Ibu Olif Hasanah berpesan “program Jogo Tonggo ini merupakan inisiasi yang baik sekali untuk diterapkan kepad warga msyarakat di Desa Mranggen” ujarnya di tengah – tengah pemaparan.

Secara keseluruhan pendapat ibu – ibu TP PKK Desa Mranggen mengapresiasi program tersebut dan untuk tindak lanjutnya akan segera dilaksanakan untuk pembentukan relawan – relawan. Kegiatan kemudian diakhiri dengan pembagian hadiah kepada ibu – ibu yang memenangkan arisan dan tepat pada pukul 17.30 WIB kegiatan Rapat Pleno dan Sosialisasi Program Jogo Tonggo telah berakhir.

Penulis : Satria Nur Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *