Bantu Bidan Desa, Mahasiswa KKN Tematik Undip x Unicef Buat sistem pendataan Status Vaksinasi Berbasis Website

Pati 29/11- Ditengah pandemi yang belum berakhir, tak sedikit warga desa yang masih menolak melakukan vaksinasi covid-19 khususnya bagi golongan lanjut usia. Hal tersebut menyebabkan ketidakmerataan proses percepatan vaksinasi di dalam desa.

Permasalahan ini pun menjadi sebuah ide bagi Citra Tri Tunggal Dewi (Peserta KKN Tematik Program Percepatan vaksin dan pencegahan covid-19, Dosen Pembimbing 1 dr. Sri Winarni, M.Kes.) untuk membantu memonitoring status vaksinasi warga di desa melalui Rapid Scan Vaccine Database atau website yang menyediakan data status vaksinasi desa (Pajeksan, Juwana, Kab. Pati). Website ini tersaji dalam bentuk QR Code yang dapat secara cepat diakses dengan cara memindai kode melalui Lens Google.

Sasaran Utama program ini adalah seluruh warga desa yang telah melaksanakan vaksinasi covid-19 (Dosis 1 dan dosis 2). Pelaksanaan program berlangsung sekitar 2 minggu sejak pendataan warga, pembuatan website dan poster, hingga penyerahan luaran kepada Bidan Desa.

Dengan adanya Website ini diharapkan proses monitoring status vaksinasi warga menjadi lebih mudah dan terarah.

Bidan desa sebagai perwakilan penyerahan luaran ini merasa sangat berterima kasih dengan adanya Rapid Scan Vaccine Database dan berharap agar kedepannya dapat melakukan vaksinasi secara lengkap untuk mendukung program percepatan vaksinasi covid-19 di Jawa Tengah, dengan begitu keadaan ekonomi masyarakat juga akan membaik.

Kreator: Citra Tri Tunggal Dewi (Teknik Perkapalan Undip 2018)
Peserta KKN tematik Undip X Unicef 

Dosen Pembimbing 1 : dr. Sri Winarni, M.Kes.