PERANGI HOAX VAKSINASI COVID-19, MAHASISWA KKN TEMATIK UNDIP MEMBUAT POSTER DAN DIBAGIKAN KEPADA REMAJA DESA BANJARSARI

Kementrian Kesehatan menerbitkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/I/1727/2021 tentang Vaksinasi Tahap 3 Bagi Masyarakat Rentan Serta Masyarakat Umum Dan Vaksinasi Anak Usia 12-17 Tahun. Pelaksanaan vaksinasi di Desa Banjarsari Kecamatan Kradenan baru sampai tahap siswa Sekolah menengah Atas, oleh karena itu perlu dilakukan edukasi bagi siswa menengah pertama yang akan melakukan vaksinas. Dikarenakan berita HOAX sangat cepat menyebar dan kemudahan mengakses informasi dari berbagai sumber, ditakutkan siswa sekolah menegah pertama yang belum teredukasi tentang vaksin COVID-19 termakan berita HOAX atau disinformasi. Dengan demikian pemberian selebaran mengenai vaksinasi COVID-19 dan penjelasan langsung kepada remaja di sekitar diharapkan dapat membantu mencegah hal tersebut.

Remaja yang terutama bersekolah tingkat menengah pertama desa Banjarsari sedang gencar-gencarnya mengikuti vaksinasi sebagai syarat sekolah tatap muka. Sebagian remaja antusias mendengar sekolah tatap muka, sebagian lagi juga was-was mengenai vaksinasi COVID-19. Demikian permasalahan yang dapat dianalisa oleh mahasiswa KKN Tematik Undip ini, keresahan para remaja yang akan divaksin tidak bisa dianggap hal yang remeh. Banyak beredar berita HOAX vaksinasi yang mengatakan bahwa vaksin tidak halal, menyebabkan sesak napas hingga meninggal dunia dan sebagainya. Oleh karena itu mahasiswa KKN Tematik Undip menyebarkan poster yang berisi edukasi vaksinasi COVID-19 agar tidak terjadi simpang siur informasi di kalangan remaja desa Banjarsari. Poster dibuat lalu disebarkan secara langsung kepada remaja. Poster tersebut berisikan pentingnya vaksinaasi bagi diri sendiri dan keluarga, hingga tetap mematuhi protocol kesehatan walaupun sudah divaksin.

Harapannya dengan diadakan kegiatan ini remaja di desa Banjarsari menjadi teredukasi tentang pentingnya vaksinasi. Sehingga dapat mendukung percepatan vaksinasi di jawa tengah.

Nama Mahasiswa : Reza Qoidah Putri – Fakultas Sains dan Matematika

Lokasi KKN : Desa Banjarsari, Kec. Kradenan, Kab. Grobogan

Dosen Pembimbing : Dr. Drs Syamsulhuda Budi Musthofa, M.Kes