Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Melakukan Edukasi 3M dan Pengenalan Program “SATGAS CILIK” di SD Negeri Kejawan

EDUKASI 3M – Mahasiswa KKN Tematik Undip 2021 memberikan edukasi dan sosialisasi  Tentang Pentingnya Penerapan 3M

Semarang (3/12/2021) – Mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro Tahun 2021 melaksanakan kegiatan KKN dengan tema “Sinergisitas antara Akademisi dan Pemerintah dalam Mendukung Pencapaian SDGs Melalui Percepatan Vaksinasi serta Pencegahan Penularan COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah ”. KKN dilaksanakan selama 42 hari terhitung mulai tanggal 25 Oktober 2021 sampai tanggal 28 November 2021 dengan kegiatan dilaksanakan secara online dan offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat sesuai anjuran pemerintah.

Dibukanya kembali kegiatan belajar mengajar secara luring atau tatap muka mengakibatkan munculnya klaster baru penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. Maka dari itu Mahasiswa KKN Tematik UNDIP mengenalkan 3M dan program “SATGAS CILIK” kepada siswa di SD N Kejawan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. Edukasi 3M dilakukan pada hari Sabtu (13/11/2021) dengan materi pentingnya penerapan 3M, cara memakai masker dengan benar, cara mencuci tangan dengan benar, dan pentingnya menjaga jarak. Setelah adanya edukasi ini siswa SD N Kejawan menjadi lebih patuh dalam menerapkan 3M.

Program SATGAS CILIK – Mahasiswa KKN Tematik Undip 2021 mengenalkan dan mendampingi pembentukan Satgas Cilik di SD N Kejawan

Selain melakukan edukasi terkait 3M kepada siswa SD Negeri Kejawan, mahasiswa KKN Tematik UNDIP juga mengenalkan suatu program bernama “SATGAS CILIK”. “SATGAS CILIK” merupakan satuan tugas penanganan Covid-19 di tingkat sekolah dasar yang fungsi utamanya untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah. “SATGAS CILIK” ini terdiri dari 3 orang siswa  SD Negeri Kejawan yang tugasnya yaitu melakukan pengecekan suhu dengan thermogun, memastikan siswa lainnya mencuci tangan dengan benar, dan memberi hand sanitizer sekaligus memantau penerapan jaga jarak antar siswa.

Uji coba penerapan program “SATGAS CILIK” di SD Negeri Kejawan disambut baik oleh kepala SD Negeri Kejawan yaitu Bapak Puji Rahagus dan siswa. Uji coba program ini dilakukan selama 3 hari yaitu hari Jumat (19/11/2021) hingga Senin (22/11/2021). Dengan adanya program “SATGAS CILIK” diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa SD Negeri Kejawan untuk menerapkan 3M dengan benar dan tanpa ada rasa paksaan. Dengan begitu, 3M menjadi budaya dalam SD Negeri Kejawan.

Penulis : Wahyu Dwi Suci Putriani, Fakultas Kesehatan Masyarakat Univesitas Diponegoro

Dosen Pembimbing : Dr. Dra. Ayun Sriatmi, M.Kes. & Dr. Adi Nugroho, M.Si.