Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Program Matching Fund Kedaireka Mengedukasi Pemanfaatan Media Sosial Kepada Kelompok Pembudidaya Ikan di Karimunjawa
Kelurahan Karimunjawa (7/11/2021) Media sosial merupakan bagian dari internet yang memiliki fungsi sebagai media yang digunakan untuk mempromosikan produk oleh pelaku usaha. Media sosial digunakan sebagai alat promosi karena memiliki respon secara langsung dengan penggunanya. Dewasa ini sudah mulai banyak bermunculan akun di media sosial yang digunakan untuk memasarkan produk jualannya. Namun, dalam pelaksanaannya pelaku usaha cenderung masih pasif dengan menunggu pesanan dari konsumen akibat kurangnya pemanfaatan media sosial. Misalnya pada kondisi di wilayah Karimunjawa, Kabupaten Jepara para Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) masih bergantung pada pemasaran lokal di wilayah tersebut. Mereka belum belum memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran dalam penjualan ikan. Dari adanya permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Tematik Program Matching Fund Kedaireka Universitas Diponegoro melakukan program kegiatan individu yang salah satunya adalah “Sosialisasi Kiat-Kiat Memanfaatkan Media Sosial sebagai Fitur Promosi Penjualan Ikan dalam Upaya Memperluas Jangkauan Pasar dengan Media Power Point dan Poster” yang dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 7 November 2021 di Hotel Nemo, Kelurahan Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah dengan target sasarannya adalah masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Pembudidaya Ikan atau yang sering disebut dengan POKDAKAN.
Solusi yang diusulkan tersebut adalah dengan melakukan suatu kegiatan pelatihan optimalisasi pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran dalam mendukung peluang usaha dengan menggunakan media power point. Dalam sosialisasi tersebut diperkenalkan mengenai definisi media sosial, contoh media sosial, pentingnya media sosial sebagai fitur promosi penjualan, manfaat promosi di media sosial, dan beberapa cara marketing pada 3 media sosial yakni, media sosial WhatsApp, Facebook, dan Tiktok serta diberikannya kiat-kiat dalam promosi di media sosial. Selain itu, sosialisasi juga dilakukan dengan menyebarkan poster kepada masyarakat di Kelurahan Karimunjawa. Poster berisi mengenai tips marketing di media sosial.
Luaran atau output dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat kelompok pembudidaya ikan tentang bagaimana mengoptimalkan penggunaan media sosial dalam meningkatkan jangkauan pasar penjualan ikan. Dengan sosialisasi ini mengajarkan bagaimana memanfaatkan media sosial tersebut secara maksimal sehingga diharapkan kegiatan usaha yang dilakukan mampu meningkatkan margin keuntungan, jangkauan pasar yang semakin meluas, volume penjualan meningkat, dan biaya pemasaran yang dapat diminimalkan oleh para pelaku usaha khususnya untuk Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN).
Program: Roikhatul Miskiyah – Informatika