Home » Lokasi KKN » Kab. Kudus » Reportase Minggu ke 2 Desa Bulungcangkring

Reportase Minggu ke 2 Desa Bulungcangkring

Reportase Senin,18 Juli 2016

Upacara Bendara di Kantor Kecamatan Jekulo

Senin, 18 Juli 2016 sejumlah perangkat kecamatan Jekulo dan mahasiswa KKN dari UNDIP serta perguruan tinggi negeri yang lain melaksanakan kegiatan upacara bendera di halaman Kantor Kecamatan Jekulo. Upacara tersebut dipimpin oleh salah satu anggota TNI setempat dan Drs. Eko Hari Djatmiko, M. Si (camat Jekulo) sebagai inspektur upacara. Upacara berjalan dengan khitmat dan lancar. Dalam upacara tersebut bapak camat sedikit mengecewakan kehadiran perangkat desa yang tidak lengkap. Meskipun demikian, beliau juga mengapresiasi Desa Bulungcangnkring dan Pladen karena perangkat desa yang datang cukup banyak dan lengkap.

Tim KKN UNDIP melakukan kunjungan ke Sekolah Dasar Negeri 5 Bulungcangkring setelah upacara bendera selesai. Kunjungan tersebut bertujuan untuk meminta izin kepada kepala sekolah untuk pelaksanaan program sosialisasi yang akan dilakukan di sekolah tersebut.

Reportase, 19 Juli 2016

Program Sekolah Dasar

Hari Selasa, 19 Juli 2016 pukul 07.00 WIB tim II KKN Undip Desa Bulung Cangkring mengadakan program di SD 5 Bulung Cangkring. Sasaran yang dituju yakni siswa kelas 5 dan kelas 6. Sosialisasi yang ditujukan untuk kelas 5 meliputi Kegiatan Gemar Menabung, Pengenalan Mata Uang asing, Perilaku hidup Bersih dan Sehat, dan Aksi Gizi. Sedangkan, sosialisasi yang ditujukan untuk kelas 6 meliputi Pengenalan Ternak dan Hasilnya, serta Pengenalan Profesi Hukum.

Siswa SD 5 ini menunjukan antusiasme yang tinggi terhadap materi sosialisasi yang diberikan. Antusiasme ini ditunjukkan dengan keaktifan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh tim II KKN Undip. Tim II KKN Undip juga memberikan hadiah-hadiah kecil untuk siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang kami berikan. Misalnya, pada saat sosialisasi aksi gizi kami memberikan hadiah berupa susu dan sosis.

Program SD_25 Program SD_27 Program SD_32 Program SD_48

Reportase Rabu, 20 Juli 2016

Pendampingan Pembuatan Pupuk Cair Produktif dari Limbah Cair Pabrik Tempe

Rabu, 21 Juli 2016 salah satu program monodisiplin Tim II KKN UNDIP 2016 telah dilaksanakan. Program tersebut berupa pendampingan kepada salah satu pemilik industri pabrik tempe di Desa Bulungcang, Kec. Jekulo, Kab. Kudus, yaitu Bapak Mulyono dan beberapa warga yang berada di sekitarnya dalam pembuatan pupuk cair produktif dari limbah cair tempe. Warga terlihat antusias dalam acara tersebut, karena selama ini limbah cair yang dihasilkan dari pabrik tempe langsung dibuang ke lingkungan sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Dengan adanya kegiatan pendampingan pembuatan pupuk cair tersebut, warga berharap limbah cair tempe dapat dimanfaatkan tanpa membuangnya secara langsung ke lingkungan dan tidak menimbulkan pencemaran.

Kendala yang dialami selama proses kegiatan tersebut yaitu sulit untuk mengajak warga berkumpul di lokasi pembuatan pupuk, karena pada saat itu hujan mengguyur sebagian besar wilayah di Kudus mulai dari pagi hingga sore hari. Namun kendala tersebut dapat teratasi setelah Tim II KKN UNDIP 2016 mendatangi rumah warga dari rumah ke rumah.

10

Reportase Rabu, 20 Juli 2016

Sore bersama Ibu-Ibu PKK Desa Bulungcangkring

Tim II KKN UNDIP 2016 memiliki empat program yang ditujukan kepada ibu-ibu PKK. Program-program tersebut dilaksanakan secara bersamaan dalam satu hari pada saat kumpulan rutin ibu-ibu PKK di Aula Balai Desa Bulungcangkring. Pelaksanaan program tersebut bertujuan untuk mengefisienkan waktu, mengingat waktu KKN hanya berlangsung selama 35 hari. Dalam kegiatan tersebut program yang dilaksanakan diantaranya yaitu penyuluhan terkait pendaftaran sertifikat tanah; pengolahan sampah organik dan anorganik serta metode pembuatan pupuk takakura; pembuatan ovitrap untuk mengurangi kasus DBD dan pembuatan nugget ayam sebagai salah satu inovasi olahan daging ayam.

121311

Reportase Sabtu, 23 Juli 2016

Mari ke Posyandu

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional, Tim KKN Undip Desa Bulungcangkring mengunjungi posyandu di RT 02/11 Desa Bulungcangkring, tepatnya di kediaman Ibu Tun. Kegiatan yang dilakukan secara rutin satu bulan sekali setiap tanggal 23 berjalan dengan baik. Ibu dan balita datang silih berganti untuk melakukan penimbangan dan imunisasi. Tim KKN UNDIP turut serta untuk membantu menimbang berat badan, mengukur tinggi badan dan lingkar kepala balita. Kegiatan imunisasi dilakukan oleh seorang tenaga ahli medis yang berpengalaman. Setelah mendapatkan imunisasi dan melakukan penimbangan balita-balita tersebut mendapat telur puyuh ataupun makanan ringan lain yang bergizi.

Posyandu_4Posyandu_3