Mahasiswa KKN-T KHDTK Wana Dipa UNDIP mengajak masyarakat Desa Susukan untuk senantiasa melakukan perawatan mesin produksi.

Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang (17/12/2021). Kawasan hutan dengan tujuan kusus (KHDTK) adala kawasan hutan yang secara khusus diperuntukkan untuk kepentingan penelitian dan pengembangan kehutanan, pendidikan, pelatihan kehutanan serta religi dan budaya. KHDTK Undip ini berada di sekitar Dusun Kaligawe, Kelurahan Susukan Ungaran Timur.

Di KHDTK ada beberapa kegiatan yaitu pembuatan biobriket, microalga, biogas, dan bio kompos. pada proses produksi biobriket sendiri memiliki 3 mesin utama yaitu mesin penghancur kayu (wood chrusher), mesin molding briket kayu, dan mesin oven karbonasi. Pemeliharaan dan perawatan mesin pada mesin produksi merupakan upaya dalam menjaga keefektifan dari kerja mesin itu sendiri, apabila kita mempunyai mesin atau fasilitas dengan fungsi-fungsi tertentu maka kita akan selalu berusaha agar mesin atau fasilitas produksi tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu selama mungkin.

Dengan di pasangnya poster “Pentingnya melakukan Maintenance mesin secara teratur dan terencana” diharapkan dapat menjadi daily reminder bagi masyarakat yang menggunakan mesin produksi agar senantiasa memerhatikan mesin yang akan dipakai guna untuk menjaga kestabilan dan kenyamanan dari kerja mesin itu sendiri.

Penulis: Muhammad Arya Reza – Rekayasa Perancangan Mekanik 2018

Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Yulita Nurchayati, S.Si. M.Si