Mahasiswa KKN Undip Melakukan Sosialisasi Penggunaan Komposter Untuk Mengolah Sampah Rumah Tangga Organik guna Meningkatkan Peduli Lingkungan Dusun Sikunang

Mahasiswa KKN Tematik Undip melakukan sosialisasi penggunaan komposter

WONOSOBO- Jumat (19/11) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Diponegoro (Undip) di Dusun Sikunang, Desa Sikunang, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo melakukan sosialisasi pengolahan sampah organik rumah tangga kepada Kelompok Bank Sampah Dusun Sikunang.

“Kelompok Bank Sampah merupakan kelompok yang terbentuk berperan untuk mengolah sampah organik dan anorganik rumah tangga Dusun Sikunang. Dengan dilakukan sosialisasi pengunaan komposter, diharapkan dapat mengurang sampah rumah tangga organik yang terbuang sembarangan” Kata Ramzy Rayhan, salah satu mahasiswa KKN Tim Tematik Undip Dusun Sikunang.

Didampingi para mahasiswa KKN lainnya, Ramzy Rayhan, yang berasal dari jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, dengan dosen pembimbing Bapak Fahmi Arifan, S.T.,M.Eng., dan Bapak Ir. R. TD. Wisnu Broto, M.T., telah mensosialisasikan pengunaan komposter tersebut kepada Kelompok Bank Sampah Dusun Sikunang. Mereka pun berharap pengunaan komposter tersebut bermanfaat untuk mengurangi sampah organik yang terbuang sembaranagn di sekitar Dusun Sikunang.

“Karena penggunaannya yang mudah Kelompok Bank Sampah dan masyarakt dapat mengunakan komposternya secara langsung.” Tandasnya.

Ramzy menjelaskan, cara pengunaan komposter. Sampah organik rumah tangga yang sudah terkumpul dipotong hingga berukuran kecil, lalu dimasukan kedalam komposter. Kompos starter dimasukan ke dalam komposter kemudian dilakukan penyemprotan bakteri pengurai untuk memulai pengomposan. Apabila ada sampah organik yang ingin dimasukkan ulangi langkah sebelumnya. Tutup kembali komposter, dan pengomposan berjalan selama 4 minggu.

Setelah dilakukannya sosialisasi, dilakukan juga pembagian brosur langkah-langkah penggunaan komposter kepada warga dan anggota Kelompok Bank Sampah yang dapat membantu menjelaskan lebih detail penggunaan komposter. Kedepannya diharapkan sosialisasi tersebut dapat meningkatkan tidak hanya anggota Kelompok Bank Sampah saja namun seluruh warga Dusun Sikunang lebih peduli lingkungan. Sosialisasi tersebut mendapat dukungan dari Kepala Dusun Sikunang, Ketua Kelompok Bank Sampah, dan KPSM (Kelompok Pengelola Sampah Mandiri).