Home » Jenis KKN UNDIP » Semakin Dekat dengan Warga

Semakin Dekat dengan Warga

Sumber : Dokumentasi TIM II KKN UNDIP Banaran 2017

Sumber : Dokumentasi TIM II KKN UNDIP Banaran 2017

Temanggung (06/08) – Tidak terasa lima belas hari terhitung sejak 12 Juli 2017 Tim II KKN UNDIP mengabdi di Desa Banaran, Kecamatan Gemawang, Temanggung  mahasiswa UNDIP semakin membaur dengan masyarakat. Tidak hanya melalui kegiatan karang taruna, mahasiswa UNDIP juga terlibat dalam setiap kegiatan PKK dan kegiatan bantu lainnya. Menyongsong peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-72 mahasiswa UNDIP turut terlibat dalam pelaksanaan lomba pitulasan di Desa Banaran. Kegiatan ini akan dimulai pada tanggal 11 Agustus 2017 sebagai rangkaian perlombaan menuju puncak acara.

Melalui beberapa program bantu kepada masyarakat mahasiswa terlibat aktif dalam kegiatan posyandu, pengaktifan kembali senam bersama, pelatihan tata boga serta program lain yang melibatkan pemuda maupun anak-anak. Demi memberikan pengabdian terbaiknya TIM II KKN UNDIP Desa Banaran melangsungkan kegiatan belajar bersama/les terjadwal bagi murid SD hingga SMP.  Kegiatan ini dilaksanakan pada hari senin-rabu malam bagi murid di wilayah Dusun Banaran serta senin hingga selasa sore bagi murid yang tinggal di wilayah Dusun Lembujati, Desa Banaran. Les ini diadakan di posko KKN dan TPQ setempat. Meskipun masih dihadang banyak program lainnya mahasiswa UNDIP yang diturunkan di desa ini merasa bersemangat karena respon yang positif dari masyarakat.

“Rencananya untuk Dusun Lembujati ada penambahan jadwal les. Namun hal ini masih dipertimbangkan mengingat kami masih terlibat dalam beberapa program lain seperti misalnya senam bersama pada hari minggu dan rabu yang diharapkan dapat berjalan rutin oleh ibu-ibu setempat,” ungkap mahasiswa yang kerap disapa Rahma jurusan agribisnis TIM II KKN UNDIP 2017.

Selain program yang menyasar kepada ibu-ibu serta karangtaruna, salah satu kepala sekolah di Desa Banaran menyarankan adanya program tambahan bagi anak-anak SD yang mana hal ini disanggupi oleh TIM II KKN UNDIP. Saat ini, TIM II KKN UNDIP Desa Banaran tengah mempersiapkan diri untuk perlombaan volli yang akan menjadi agenda utama pemuda Desa Banaran setiap tahunnya.