Ciptakan Lingkungan Kerja yang Aman dan Sehat di Masa Pandemi, Mahasiswa KKN UNDIP Edukasikan Penerapan K3 pada Proyek Konstruksi

Boyolali (21/01/2022) – Pandemi Covid-19 merubah tatanan kehidupan pada segala sektor, termasuk sektor dunia proyek konstruksi. Mewabahnya virus Covid-19 menjadikan semua sektor berbenah dan memperketat aturan agar Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dapat dilaksanakan. Diperlukan strategi pengendalian baru dalam penerapan K3 di tempat kerja, seperti halnya budaya 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan menggunakan sabun). Budaya yang lahir dimasa pandemi itupun kini menjadi bagian dari penerapan budaya K3 yang mulai digalakkan. Tujuannya agar pekerja tetap aman dan sehat saat beraktivitas. Upaya agar penyebaran virus Covid-19 dapat dicegah dan diatasi terutama penyebaran virus Covid-19 di lingkungan kerja proyek konstruksi adalah dengan menerapkan aturan New Normal atau adaptasi kebiasaan baru di tempat kerja melalui program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Muhammad Mahmudi (21) Mahasiswa Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro dalam kegiatan KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Tahun 2022 melaksanakan edukasi penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Masa Pandemi kepada para pekerja proyek bangunan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis-Jumat, 20-21 Januari 2022 di 2 (dua) proyek bangunan rumah warga yang ada di Dukuh Tegalsari, Desa Pengkol, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali. Kegiatan edukasi ini berupa sosialisasi dengan penjelasan singkat mengenai penerapan K3 di Masa Pandemi dan penempelan poster K3 Masa Pandemi di tempat proyek. Edukasi penerapan K3 didasarkan pada kondisi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir. Virus Covid-19 sangat mudah penularannya dan sering tidak disadari apabila tertular. Di lingkungan kerja proyek, virus covid-19 bisa saja menginfeksi para pekerja yang dapat menyebabkan pelaksanaan proyek menjadi terganggu.

Pelaksanaan edukasi penerapan K3 di Masa Pandemi kepada Mandor Proyek 1
Penyerahan poster K3 di proyek 1
Pelaksanaan edukasi penerapan K3 di Masa Pandemi kepada Mandor Proyek 2
Penyerahan poster K3 di proyek 2

Tujuan dari kegiatan edukasi penerapan K3 ini yakni untuk meningkatkan efektifitas perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja yang terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi. Kemudian mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja dan penyebaran virus Covid-19. Selanjutnya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, dan efisien untuk mendorong produktivitas.

Penempelan poster K3 di lingkungan proyek

Kegiatan ini mendapat sambutan yang baik dan dukungan dari pemilik (owner) salah satu proyek yang dikunjungi yaitu Bapak Yadi (62). Beliau mengatakan, “edukasi seperti ini sangat bagus untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pekerjaan, terutama di masa pandemi seperti ini agar para pekerja terhindar dari virus Covid-19”.

Dengan adanya program edukasi penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di masa pandemi, diharapkan mampu memberikan pengaruh besar terhadap keselamatan pekerja dan peningkatan produktivitas kerja. Selain itu dengan penerapan K3 dapat membentuk perilaku pekerja terhadap keselamatan dan kesehatan kerja sehingga pekerja aman dari penyebaran Covid-19.

Penulis : Muhammad Mahmudi

Editor : Abdi Sukmono, S.T., M.T.