Heboh!!! KKN Tim 1 UNDIP 2021/2022 Selesaikan Perizinan Kegiatan KKN di Kecamatan hingga ke Ketua RW Saat Kondisi Pandemi.

Kegiatan KKN Tim I Undip 2022 diawali dengan diadakannya Upacara Penerjunan Peserta KKN Tim I Undip yang dilaksanakan melalui Zoom yang disiarkan melalui Youtube pada tanggal 5 Januari 2022. Pembekalan dihadiri oleh Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. Upacara penerjunan diikuti oleh mahasiswa peserta KKN Tim I Undip 2022. Upacara tersebut berisikan tentang pedoman hingga hal-hal yang wajib diperhatikan oleh peserta saat melaksanakan KKN pada masa pandemi Covid-19.

Pelaksanaan KKN TIM 1 Undip 2021/2022 berlokasi di Kelurahan Ngaliyan, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Pada kegiatan KKN diminggu pertama telah meyelesaikan perizinan di Kecamatan Ngaliyan. Perizinan tersebut berlangsung lancar walaupun kepala kecamatan Ngaliyan berhalangan hadir. Namun pada hari itu 5/1/2022 Sekretaris Kecamatan menggantikannya demi keberlangsungan perizinan KKN TIM 1 Undip.

Perizinan ke Kantor Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang 5/1/2022

Setelah sekretaris camat sudah memberikan izin kepada mahasiswa peserta KKN Undip untuk melakukan kegiatan KKN, kemudia mahasiswa langsung menuju ke lokasi masing-masing daerah guna mendapatkan izin pelaksanaan kegiatan KKN. Lokasi tersebut berada di RT 04 RW 04 Kelurahan Ngaliyan, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

Perizinan ke Ketua RW 04, Kelurahan Ngaliyan

Perizianan tersebut berisikan tentang pengajuan 4 program kerja KKN Individu yang dibawakan oleh mahasiswa. 4 Program Kerja tersebut ialah
1. Program Edukasi Penyuluhan terkait Pencegahan Penggunaan Narkoba dengan menggunakan Poster untuk mengindari Narkoba kepada masyarakat
2. Program Edukasi penyuluhan 5M dan pencegahan penyebaran Covid-19
3. Program Edukasi tentang pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) melalui penyuluhan 3M serta penyebaran poster.
4. Program edukasi penyuluhan mengenai pentingnya kepedulian terhadap lingkungan dengan penerapan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yang bertujuan untuk mendukung pengelolaan sampah yang berkelanjutan melalui Poster.

Penulis : Adnan Ghiffari
Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto, S.T., M.Eng.
Lokasi KKN : Kelurahan Ngaliyan, Kecamatan Ngaliyan
KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2021/2022 Periode 5 Januari – 15 Februari 2022