Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Cara Membuat Keju Kepada Kelompok Dasa Wisma Teratai, Penungkulan

Purworejo (9/2) – Pandemi Covid-19 masih bertahan di Indonesia. Universitas Diponegoro mengajak mahasiswa untuk turut membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di lingkungan rumah masing-masing. KKN UNDIP Tim 1 Tahun 2021/2022 yang dilaksanakan dari tanggal 5 Januari sampai 15 Februari 2022 mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis SDGs. Kegiatan KKN dilakukan di Desa Penungkulan RT 01 RW 01.

Minat konsumsi keju masyarakat Desa Penungkulan cukup sedang. Hal ini tentu menjadi hal yang positif karena keju merupakan makanan yang kaya akan zat gizi. Akan tetapi di Desa Penungkulan belum ada produsen keju atau sekedar membuat keju sendiri. Hal ini disebabkan karena masyarakat kurang memiliki pengetahuan dalam proses pembuatan keju, selain itu karena lamanya proses pembuatan dan pemeraman keju. Kurangnya pengetahuan dan lamanya proses pembuatan dan pemeraman keju ini mmenyebabkan masyarakat tidak berminat untuk memproduksi keju. Padahal tidak semua keju memerlukan waktu pemeraman yang lama dan proses yang tidak terlalu rumit.

Inisiasi yang dilakukan oleh Sri Wahyuni, Mahasiswi Teknik Kimia Universitas Diponegoro merupakan hal yang sangat positif untuk dikembangkan, yaitu edukasi masyarakat untuk membuat keju di rumah masing-masing. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar tidak bergantung terhadap pasar dan bisa menjadi peluang usaha nantinya.

“Baru kali ini ada edukasi pembuatan keju di Desa Penungkulan. Contoh kegiatan yang menarik dan tentunya disukai Ibu-Ibu” Ujar Ketua Dasa Wisma Teratai, Tri Tusilah.

Kegiatan edukasi pembuatan keju dilakukan pada Kelompok Dasa Wisma Teratai Jumat (28/1/2022) pukul 13.00-15.30 WIB. Edukasi dilakukan dengan memberikan paparan materi mengenai alat dan bahan yang dibutuhkan dilanjutkan proses pembuatan keju. Ibu-ibu sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut terlihat dari para ibu aktif bertanya di sela sela materi.

Edukasi Pembuatan Keju Dasa Wisma Teratai

Pembuatan keju cukup sederhana. Bahan yang dibutuhkan hanya susu murni, cuka dan garam. Susu murni dipanaskan hingga 60°C kemudian tambahkan sedikit cuka. Aduk hingga terbentuk gumpalan-gumpalan. Proses tersebut dinamakan koagulasi. Selanjutnya matikan pemanas dan tambahkan garam secukupnya lalu aduk kembali. Setelah tercampur merata, saring gumpalan dengan airnya menggunakan saringan teh (menyesuaikan). Ambil padatannya lalu letakkan dalam cetakan. Masukkan ke dalam kulkas agar lebih cepat mengeras. Untuk 500mL susu murni, gunakan 3 sendok makan cuka dan 3 sendok teh garam.

Tentu produksi keju ini bisa menjadi salah satu upaya peningkatan ekonomi warga apabila dikembangkan secara baik sehingga dapat mencapai tujuan SDGs Nomor 12 (Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan).

Penulis: Sri Wahyuni

Editor: Dr. Ir. Wiludjeng Roessali, M.Si.