“Inspiratif! Tim KKN Kelurahan Gabahan Berhasil Mengadakan Sosialisasi Bahaya & Dampak Narkoba dengan Sukses”

Semarang (02/02/22) Mahasiswa Universitas Diponegoro melalui Tim KKN I Tahun 2021/2022 yang ditugaskan di Kelurahan Gabahan Kecamatan Semarang Tengah mengadakan Sosialisasi Bahaya & Dampak Konsumsi Narkoba bagi remaja di SMP N 38 Semarang, Selasa, 25 Januari 2022.

Dalam kegiatan tersebut, anggota Tim KKN yang terdiri dari M. Abdullah Azzam, Fuja Marsa, Intan Wulandari dan Aslama Qolbi menjadi narasumber pada sosialisasi yang didalamnya dihadiri oleh siswa SMP N 38 Semarang khususnya kelas 9 dengan jumlah sekitar 60 orang siswa. Setiap dari mereka terlihat antusias dan ceria menyambut pemaparan tersebut.

Dalam paparannya, Muhammad Abdullah Azzam yang merupakan salah satu anggota Tim KKN menjelaskan mengenai bahaya narkoba bagi kehidupan seorang remaja. Narkoba juga rawan untuk disalahgunakan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab dimana salah satu korban dan sasaran dari peredaran narkoba adalah remaja itu sendiri. Selain itu, ia juga menyampaikan mengenai bahaya dan resiko apa saja yang akan didapat bagi pemakai narkoba serta keterbatasan pemerintah dalam penanganan kasus narkoba dikalangan remaja.

Pemaparan Materi Mengenai Dampak Narkoba

Mirisnya, fakta di lapangan menunjukkan bahwa Provinsi Jawa Tengah menjadi peringkat  4 penyalahgunaan narkoba se-Indonesia menurut BNNP. Untuk itu, berbagai upaya dan strategi harus terus dilakukan demi terjaganya penerus bangsa dari obat – obatan terlarang yang akan berdampak buruk bagi kehidupan masa depan. Tim KKN Kelurahan Gabahan pun tak tinggal diam, dengan adanya sosialisasi serta pencerdasan mengenai bahaya dan dampak narkoba kepada remaja – remaja di Jawa Tengah khususnya Siswa kelas 9 SMP N 38 Semarang beserta warga Semarang yang terlibat, besar harapan mereka mampu terjaga dan bangkit menjadi pemuda tangguh yang nantinya dapat mengambil peran sebagai agent of change.

Selama pemaparan berlangsung, seluruh siswa memperhatikan dengan seksama meski tak jarang mereka saling bertatapan dan bersendagurau. Siswa kelas 9 sebagai siswa tertua menjadi sasaran yang tepat dari kegiatan sosialisasi ini mengingat mereka sedang berada pada puncak fase remaja. Mereka yang sedang berada  di fase senang mencoba hal baru tentu harus diarahkan pada hal – hal positif agar energinya mampu memberikan dampak yang baik.

Poster Bahaya Narkoba

Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Abdullah Azzam juga menyampakan, “Dampak dari konsumsi narkoba ini sangat berbahaya dan mengancam masa depan. Oleh karena itu, obat – obatan terlarang ini harus dihindari. Teman – teman juga harus pandai dalam memilih lingkungan pergaulan. Kalian sebagai pemuda dan generasi penerus bangsa harus mampu mengisi hari – hari dengan aktivitas positif demi masa depan nanti”. Seisi ruangan mendengarkan dengan seksama, meski satu dua siswa mulai mengobrol.

Penyerahan Poster Kepada Perwakilan SMP N 38 Semarang

Kegiatan sosialisasi pun berjalan dengan lancar dan tertib. Seusai kegiatan, para siswa ikut antusias melihat poster yang dibuat oleh Tim KKN I Kelurahan Gabahan Semarang Tengah. Sesekali beberapa dari mereka juga bertanya mengenai paparan bahaya dan dampak narkoba. Melalui kegiatan ini, besar harapan para siswa mampu teredukasi dengan baik serta menambah wawasan mereka terkait bahaya obat – obatan terlarang. Sehingga, kedepan mereka bisa lebih waspada dan melek terhadap pergaulan yang ada di tengah – tengah mereka. Karena kami yakin bahwa Indonesia masih memiliki generasi – generasi emas yang nantinya mampu menjadi pendorong kemajuan bangsa di masa depan.

Penulis : Muhammad Abdullah Azzam (Fakultas Teknik/Teknik Perkapalan)
DPL : Ocid Mursid S.T., M.T.
Lokasi KKN : SMP N 38 Semarang, Kel. Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang