Mitigasi Wabah dengan Kearifan Lokal! Mahasiswa Undip Beri Pelatihan Membuat Minuman Herbal Tradisional “Wedang Uwuh”

Memberi pelatihan membuat minuman herbal tradisional “Wedang Uwuh” pada ibu-ibu PKK RW 01 Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

Semarang (02/02/2022) – Sampai saat ini Indonesia masih harus berjuang melawan pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, bahkan saat ini memiliki varian baru yaitu Omicron. Varian Omicron ini sangat cepat penularannya. Kita perlu memiliki imunitas tubuh yang kuat agar tidak mudah tertular virus Covid-19. Wedang Uwuh yang merupakan salah satu minuman herbal tradisional dapat kita gunakan sebagai senjata untuk melawan virus Covid-19. Perlu diketahui bahwa minuman herbal tradisional memiliki khasiat sebagai peningkat imunitas tubuh. Dalam kondisi seperti ini, memiliki imunitas tubuh yang kuat merupakan hal yang sangat penting dalam meminimalisir penularan virus Covid-19 pada tubuh kita.

Oleh karena itu, Suryani Kartika Dewi, mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Diponegoro (Undip) mengajak masyarakat RW 01 Kelurahan Gisikdrono untuk membudayakan hidup sehat dengan menjaga imunitas tubuh melalui pemberian pelatihan membuat minuman herbal tradisional “Wedang Uwuh” dan membagikan minuman herbal tradisional kepada ibu-ibu PKK RW 01 Kelurahan Gisikdrono. Kamis (27/01/22), di rumah Ketua RW 01 Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang melalui Program Kerja KKN Tim I Universitas Diponegoro, Suryani Kartika Dewi memberi pelatihan dalam membuat minuman herbal tradisional “Wedang Uwuh” yang memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19.

Kamis (27/01/22), pada pelaksanaan kegiatan ini, Suryani Kartika Dewi memberi pelatihan membuat minuman herbal tradisional “Wedang Uwuh” kepada ibu-ibu PKK RW 01 Kelurahan Gisikdrono. Dalam pelatihan tersebut, ia memberi tahu ibu-ibu PKK yang hadir tentang bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat Wedang Uwuh. Ia juga mengajarkan cara membuat Wedang Uwuh kepada ibu-ibu PKK dengan meminta salah satu ibu-ibu PKK untuk maju ke depan sebagai perwakilan karena adanya keterbatasan tempat, mengingat lokasi pelaksanaan yang kurang luas. Selain memberi pelatihan, ia juga membagikan minuman herbal tradisional “Wedang Uwuh” dan membagikan brosur yang berisi tentang manfaat minuman herbal tradisional “Wedang Uwuh” di masa pandemi Covid-19. Pelaksanaan program pelatihan ini tentunya tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Membagikan minuman herbal tradisional “Wedang Uwuh” serta brosur tentang manfaat minuman herbal tradisional “Wedang Uwuh” di masa pandemi pada ibu-ibu PKK RW 01 Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

Warga terlihat antusias dengan adanya program pelatihan membuat minuman herbal tradisional “Wedang Uwuh”. Dengan adanya program kerja pelatihan dalam membuat minuman herbal tradisional “Wedang Uwuh”, mengajak warga untuk selalu menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi minuman herbal tradisional dan selalu menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan dalam beraktifitas agar terhindar dari virus Covid-19. Melalui program kerja pelatihan ini, diharapkan dapat membantu warga dalam mengisi waktu luang untuk melakukan hal yang bermanfaat yaitu dengan membuat minuman herbal tradisional untuk keluarga serta dapat menjadikannya sebagai peluang bisnis.

Penulis : Suryani Kartika Dewi

Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Ir. Yoyok Budi Pramono, S.Pt., M.P., IPM

Lokasi KKN : Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah

KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2021/2022 Periode Januari – Februari 2022