Mahasiswa KKN Undip Beri Edukasi Sejarah Perkembangan UMKM dan Strategi Pengembangan UMKM pada Warga Gisikdrono

Penyampaian materi edukasi sejarah perkembangan UMKM di Indonesia dan strategi pengembangan UMKM pada ibu-ibu PKK RW 01 Kelurahan Gisikdrono.

Semarang (02/02/2022) – UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan perekonomian bangsa  Indonesia karena UMKM sangat berpotensi dalam mengurangi angka pengangguran, namun masih banyak masyarakat yang menganggap remeh tentang keberadaan UMKM. Dalam sejarahnya UMKM sangat dikesampingkan keberadaannya sepanjang pemerintahan orde baru, namun UMKM justru dapat bertahan dalam menghadapi kebijakan-kebijakan pada masa tersebut. Krisis yang menimpa Indonesia pada tahun 1997 berdampak pada perekonomian Indonesia yaitu resesi ekonomi, hanya sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang mampu bertahan dan tetap berdiri kokoh. Data Badan Pusat Statistik merilis keadaan pasca krisis ekonomi pertumbuhan UMKM semakin meningkat. Di tengah maraknya perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sekarang ini, masih banyak pelaku UMKM terutama warga  RW 01 di Kelurahan Gisikdrono yang hanya sekedar memproduksi produk tanpa menggunakan strategi yang tepat serta masih kurangya ide-ide dan inovasi. Hal tersebut menyebabkan konsumen kurang tertarik dengan produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Suryani Kartika Dewi, mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Diponegoro (Undip) memberi edukasi tentang sejarah perkembangan UMKM di Indonesia dan strategi pengembangan UMKM pada warga RW 01, Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Kamis (27/01/22), di rumah Ketua RW 01, Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang melalui Program Kerja 1 KKN Tim 1 Universitas Diponegoro yang bertema SDG’s (Sustainable Development Goals), Suryani Kartika Dewi mengadakan kegiatan edukasi kepada warga RW 01, Kelurahan Gisikdrono. Pelaksanaan program edukasi ini tentunya tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Warga terlihat antusias dengan adanya program edukasi ini, tak hanya antusias saja, tetapi warga juga sangat mendukung adanya program edukasi ini karena warga merasa terbantu dalam menerapkan strategi untuk mengengembangkan usahanya.

Kamis (27/01/22), pada pelaksanaan kegiatan edukasi ini, Suryani Kartika Dewi menyampaikan materi mengenai sejarah perkembangan UMKM di Indonesia dan strategi pengembangan UMKM serta membagikan buku saku yang berisi tentang sejarah perkembangan UMKM di Indonesia dan strategi pengembangan UMKM kepada warga. Buku saku ini diharapkan dapat menjadi panduan dalam menerapkan strategi untuk berusaha.

Membagikan buku saku yang berisi tentang sejarah perkembangan UMKM di Indonesia dan strategi pengembangan UMKM

Dengan adanya program kerja edukasi sejarah perkembangan dan strategi pengembangan UMKM ini, mengajak warga untuk berinovasi dan mengembangkan ide serta kreativitasnya dalam melakukan kegiatan UMKM agar produk yang dimiliki bisa dipasarkan ke seluruh Indonesia. Melalui program kerja edukasi ini, diharapkan dapat membantu warga dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Penulis : Suryani Kartika Dewi

Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Ir. Yoyok Budi Pramono, S.Pt., M.P., IPM

Lokasi KKN : Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah

KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2021/2022 Periode Januari – Februari 2022