Gencarkan Gerakan Lansia Sehat dan Sejahtera, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Penyuluhan Standar Ruang untuk Lansia

Pelaksanaan KKN Tim 1 Undip 2021/2022

Bukateja, Purbalingga (27/01/2022) –  Warga RT04/RW02 Bukateja memiliki rentang umur yang beragam dari mulai balita sampai lansia. Lanjut usia didefinisikan sebagai penurunan, kelemahan,meningkatnya kerentanan terhadap berbagai penyakit dan perubahan lingkungan, hilangnya mobilitas dan ketangkasan, serta perubahan fisiologis yang terkait dengan usia (Aru, 2009). Lansia merupakan seseorang yang berusia 60 tahun keatas baik pria maupun wanita, yang masih aktif beraktivitas dan bekerja ataupun mereka yang tidak berdaya untuk mencari nafkah sendiri sehingga bergantung kepada orang lain untuk menghidupi dirinya (Tamher, 2009). Menurut Depkes RI (2013) klasifikasi lansia terdiri dari : 1) Pra lansia yaitu seorang yang berusia antara 45-59 tahun, 2) Lansia ialah seorang yang berusia 60 tahun atau lebih, 3) Lansia risiko tinggi ialah seorang yang berusia 60 tahun atau lebih dengan masalah kesehatan  Dari definisi tersebut  tentunya disepakati bahwa  Kesehatan, keamanan dan kenyamanan pada Lansia perlu di menjadi perhatian khusus. Namun sangat di sayangkan banyak warga yang masih menyepelekan masalah  tersebut.

LEAFLET-STD-R-LANSIA-1
Pamflet/Leaflet Rumah Ramah Lansia
LEAFLET-STD-R-LANSIA-2
Pamflet/Leaflet Rumah Ramah Lansia

Standarisasi ruang merupakan  salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam perancangan arsitektur karna berhubungan erat dengan kenyamanan, bisa berhubungan dengan besaran ruang , sirkulasi dan aksesibilitas dalam ruang,  dan memperhatikan  antrometri setiap individu, antropometri juga melibatkan pengukuran sistematis sifat-sifat fisik tubuh manusia terutama dimensi ukuran dan bentuk tubuh manusia. Daripada orang harus beradaptasi agar sesuai dengan desain bangunan. Pentingya bangunan yang sesuai dengan kebutuhan manusia, akan menghasilkan prinsip ergonomis yang berguna dalam kegiatan sehari-hari.

Penyuluhan mengenai standarisasi ruang untuk lansia ini dilakukan secara door to door pada warga RT04/RW02 Bukateja pada umumnya dan untuk keluarga yang memiliki anggota lansia secara  khusus. Kegiatan berlangsung lancar dan kooperatif . Penyuluhan dilakukan dengan memberikan pengetahuan mengenai poin standar ruang dan juga survey secara langsung ruang-ruang di dalam rumah Lansia agar bisa diberikan arahan lebih jelas.

IMG20220127111935
Penyuluhan Standar Ruang untuk Lansia
IMG20220127113202
Penyuluhan Standar Ruang untuk Lansia
Whats-App-Image-2022-02-02-at-17-43-03
Penyuluhan Standar Ruang untuk Lansia

Kegiatan Penyuluhan Standar ruang untuk Lansia ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup lansia dari segi Kesehatan, keamanan dan juga kenyamanan serta mampu mengimplementasikan salah satu poin dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu  Kehidupan Sehat dan Sejahtera.

Penulis : Septi Nur Kholifah (Fakultas Teknik / Arsitektur 2018)
DPL : Dr. Ir. Wiludjeng Roessali, M.Si.
Lokasi : Desa Bukateja RT 04/ RW 02 , Purbalingga, Jawa Tengah