Edukasi Penyalahgunaan Narkoba oleh Mahasiswa KKN Undip yang Berkolaborasi Bersama PIK-R Dadiraksa

Subang (24/01/22) – Narkoba merupakan obat berbahaya yang telah banyak beredar di lingkungan masyarakat terutama remaja. Banyaknya berita terkait penyalahgunaan Narkoba yang dilakukan oleh kalangan artis memberikan kekhawatiran yang besar kepada orang tua yang memiliki anak usia remaja. Selain itu, banyaknya cara penyeludupan narkoba kepada remaja juga menjadi pemacu yang paling kuat terjadinya penyalahgunaan narkoba. Penyeludupan tersebut dapat terjadi dengan mudah karena melalui makanan dan minuman. Oleh sebab itu, diperlukan kegiatan preventif guna meningkatkan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Mahasiswa KKN Undip melakukan edukasi terkait Narkoba yang diselenggarakan langsung dan berkolaborasi bersama PIK-R Dadiraksa Desa Kaliangsana. PIK-R Dadiraksa adalah suatu wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga. Kegiatan edukasi dilakukan dengan pembuatan mind mapping terkait narkoba. Terdapat dua pembuatan mind mapping yang berisi “ NARKOBA” dan “Ciri – Ciri Pecandu Narkoba”.

Gambar 1. Mind Mapping “NARKOBA”
Gambar 2. Mind Mapping “Ciri-Ciri Pecandu Narkoba”

Kegiatan pembuatan mind mapping ini dibantu oleh empat anggota PIK-R Dadiraksa yang dilakukan di ruangan PIK-R Dadiraksa. Selain edukasi langsung terkait Narkoba, mind mapping yang telah selesai dibuat kemudian disebarkan secara online melalui grup WhatsApp PIK-R Dadiraksa agar penyampaian edukasi semakin luas. Setelah melakukan pembuatan dan penempelan mind mapping di ruangan PIK-R Dadiraksa, mahasiswa KKN Undip bersama PIK-R Dadiraksa melakukan salam Genre. Salam GenRe merupakan slogan yang digunakan dalam program PIK-R. Berikut bunyi dari slogan salam GenRe.

SALAM GENRE ! SALAM !

REMAJA GENRE ! SEHAT, CERDAS, CERIA !

GENRE INDONESIA ! SAATNYA YANG MUDA YANG BERENCANA !

Gambar 3. Dokumentasi saat melakukan Salam GenRe.

“Saya senang karena ada Mahasiswa KKN Undip yang mengajak kami, PIK-R Dadiraksa untuk lebih mengenal kembali terkait bahaya penyalahgunaan narkoba. Dan media edukasi yang digunakan juga sangat menyenangkan”, ungkap Santi selaku Ketua PIK-R Dadiraksa.

Penulis : Dwi Yulianti

DPL : Irawati, S.H., M.H.

#KKNTimIUNDIP2022 #UNDIP #P2KKN #LPPMUNDIP #KKNUNDIP2022 #PotensiDesa