Waspada Gelombang 3 Covid-19! Mahasiwa Asal Tegal Bekali Anak-anak dengan Buku Saku

Pembagian buku saku protokol kesehatan 5M kepada siswa-siswa kelas 3 SD Negeri Kaligangsa 1

Kaligangsa, Kota Tegal (02/02/2022) – Pada bulan Desember 2021 gabungan Menteri Pendidikan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri terkait Pembelajaran Tatap Muka terbatas pada tahun 2022. Sejalan dengan hal tersebut, varian virus Covid-19 Omicron ditemukan dan perkembangannya saat ini terjadi peningkatan kasus positif harian di Indonesia. Hal ini meningkatkan risiko bagi siswa-siswa untuk terpajan virus covid-19, karena pada saat ini mereka sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Permasalahan tersebut melatarbelakangi Aurora Nur Afrida sebagai salah satu mahasiswa KKN Universitas Diponegoro yang berasal dari program studi Kesehatan Masyarakat untuk mengedukasi dan selalu mengingatkan anak-anak agar selalu menerapkan protokol kesehatan 5M baik di sekolah maupun di rumah dengan membekali mereka buku saku sebagai pengingat yang menarik untuk dibaca dan mudah dibawa. Buku saku tersebut berisikan apa saja protokol kesehatan 5M dan pesan-pesan apabila anak-anak perlu keluar rumah seperti bekerja kelompok.

Program edukasi ini dilaksanakan pada hari Rabu, 2 Februari 2022 pukul 09.00 WIB bertempat di SD Negeri Kaligangsa  1, Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana, Kota tegal. Peserta program edukasi ini adalah siswa kelas 3 yang berjumlah 14 siswa. Adapun materi yang disampaikan meliputi definisi protokol kesehatan, apa saja protokol kesehatan, cara mencuci tangan pakai sabun dengan benar, cara memakai masker yang benar, pesan-pesan apabila anak-anak perlu keluar rumah dan himbauan agar selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Selain materi edukasi, ada kuis yang diberikan untuk mengetahui pemahaman anak-anak terhadap materi yang telah diberikan.

Harapannya dengan adanya program ini, siswa kelas 3 SD Negeri Kaligangsa 1 lebih memahami protokol kesehatan 5M, selalu menjaga protokol kesehatan baik di sekolah maupun di rumah dan selalu waspada dengan pajanan virus covid-19.

Penulis : Aurora Nur Afrida

Dosen Pembimbing Lapangan : dr. Siti Fatimah, M.Kes.