Mengedukasi Warga dalam Upaya Penghematan Energi, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Melakukan Sosialisasi Alat Panel Surya sebagai Sumber Daya Lampu Jalan Berbasis Tenaga Surya

Gajahmungkur, Semarang, Jawa Tengah (23/01/2021) Pemanasan global (global warming) pada dasarnya merupakan fenomena peningkatan temperature global dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca (greenhouse effect) yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4), dinitrooksida (N2O) dan CFC sehingga energy matahari terperangkap dalam atmosfer bumi. Berbagai literatur menunjukkan kenaikan temperatur global termasuk Indonesia yang terjadi pada kisaran 1,5 — 40 C pada akhir abad 21. Pencemaran terhadap lingkungan hidup yang sejatinya berasal dari manusia sendiri telah mencemari air, tanah dan udara sehingga fenomena ini kita kenal sebagai fenomena pemanasan global (global warming). Produksi gas rumah kaca dapat berasal dari gas buang kendaraan bermotor, gas buang PLTU, gas buang pabrik, pemabakaran hutan, pemabakaran lahan gambut. Sementara itu kebutuhan listrik dari tahun ke tahun akan terus naik yang artinya PLTU yang dimana merupakan sebagai penyuplai listrik terbesar di Indonesia akan memproduksi lebih banyak lagi listrik untuk masyarakat, sehingga produksi gas buangnya pun akan semakin banyak.

Maka Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro yaitu Abdul Hadi dari prodi S1 Teknik Mesin mensosialisasikan pengunaan panel surya sebagai sumber energi untuk menyalakan lampu jalan pada RT/02 RW/06 Kelurahan Bendan Duwur dan juga sebagai jawaban dari permasalahan polusi udara ini. Program kerja KKN ini terlebih dahulu diawali dengan permintaan izin dan diskusi dengan Lurah Kelurahan Bendan Duwur, Ketua RW 06, Ketua RT 02, serta Dosen Pembimbing Lapangan.

Proses pembuatan Modul terdiri dari mencari referensi desain yang cocok, pencarian data alat dan bahan yang akan digunakan untuk perakitan alat lampu jalan berbasis panel surya. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan diskusi dengan ketua RT 02 untuk membahas lokasi mana yang sekiranya akan dilaksanakan sosialisasi terkait Alat Panel Surya sebagai Sumber Daya Lampu Jalan Berbasis Tenaga Surya. Setelah diskusi Panjang didapatkanlah tempat sesuai kriteria tersebut yaitu di balai desa RW 06 Kelurahan Bendan Duwur.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi Lampu Penerangan Jalan Berbasis Panel Surya ini dapat mengedukasi masyarakat untuk beralih menggunakan energi baru terbarukan sehingga dapat mengurangi polusi dan juga dapat diterapkan di lingkungan tempat tinggal warga.” Farah Mulkiyati salah seorang mahasiswa KKN Tim 1 Undip

Oleh    : Abdul Hadi (21050118120024)

Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan : Bagus Rahmanda, S.H., M.H.