Mahasiswa Matematika UNDIP Membantu Pengajaran Hybrid di Sekolah.

Pelaksanaan KKN Tim I 2020/2021

Penyerahan video pengajaran

Kotasari (24/01/2022), Kota Cilegon, Banten. Pada saat pandemi COVID19 seperti ini seluruh sekolah se-Indonesia menerapkan sistem pengajaran HYBRID (setangah daring, dan setengah luring) dimana hal tersebut membuat penyampaian materi tidak terbagi secara merata kepada semua siswa di sekolah tersebut.

Sebagai contoh adalah Kelurahan Kotasari, yang memiliki beberapa sekolah yang juga menerapkan sistem pembelajaran secra HYBRID, dimana banyak keluhan dari siswa yang kurang mengerti mengenai materi yang disampaikan saat mereka mendapat bagian untuk sekolah daring.

Maka dari itu saya Alief Raihan Pratama selaku mahasiswa matematika UNDIP tergerak untuk membantu sekolah dalam masalah tersebut dengan menyediakan video pembelajaran matematika sesusai bidang yang saya tempuh saat ini.

Pembuatan video pengajaran dibagi menjadi 3 tahapan besar, yaitu riset mengenai materi yang akan dibawakan dalam video, lalu proses shooting video, dan editing sebagai tahap akhir pembuatan video.

Proses shooting video pengajaran

Selain itu pihak sekolah juga meminta untuk diadakannya proses belajar mengajar secara luring dengan membawakan materi yang sama dengan yang terdapat dalam video pengajaran.

Pengajaran dalam kelas luring

Dengan dibuatnya video pengajaran tersebut diharapkan siswa jadi lebih mudah mengerti mengenai materi yang disampaikan oleh guru dan mempermudah siswa dalam belajar dirumah.