Demi Meningkatkan Kesadaran, Mahasiswa KKN UNDIP Sosialisasikan Bahaya Covid dan Cara Pencegahannya

Kabupaten Pemalang (22/01) – Pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 telah mewabah di Indonesia sejak awal bulan maret tahun 2020. Hingga saat ini virus covid-19 belum ada tanda-tanda menghilang. Pandemi yang sedang melanda, memaksakan seluruh masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan. Hal itu dikarenakan untuk menjaga diri agar tidak terpapar virus covid-19. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan rasa kesadaran dan kewaspadaan untuk menekan sebaran virus tersebut. Program yang digalakkan oleh pemerintah diantaranya program Gerakan 5M dan program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang biasa disingkat dengan PPKM.

Gambar 1 Sosialisasi Bahaya Covid-19 dan Pencegahannya


Sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2022 di perpustakaan SD Negeri 03 Banyumudal dengan menggunakan power point dan poster sebagai media. Sosialisasi dilakukan kepada murid-murid SD Negeri 03 Banyumudal dikarenakan banyak murid-murid yang masih abai dalam menerapkan protokol kesehatan. Padahal pihak sekolah sering mengingatkan tentang pentingnya prokes dan pihak sekolah juga sudah menyediakan tempat untuk cuci tangan dan alat-alat protokol kesehatan.

Gambar 2. Poster tentang covid-19


Dengan adanya kegiatan ini diharapkan anak-anak menjadi sadar bahwa sekarang masih pandemi dan sadar untuk menaati protokol yang ada.

Penulis : Rifqi Nur Fauzi
DPL : dr. Siti Fatima M,Kes.