Anti Bosan! Mahasiswa KKN UNDIP Ciptakan Inovasi Belajar Sejarah dengan Media Flash Card dan Film Animasi
Depok (22/01) – KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Diponegoro kembali hadir dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis SDGs” yang dimulai sejak 05 Januari hingga 15 Februari 2022. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan KKN pada periode ini masih dilaksanakan secara online dan berlokasi di tempat tinggal masing-masing mahasiswa karena mengingat adanya kasus Covid-19 yang tidak kunjung reda. Dalam hal ini pelaksanaan program KKN dilakukan secara individu sesuai dengan program studi masing-masing mahasiswa, seperti salah satu mahasiswa UNDIP yang berasal dari program studi ilmu sejarah ini melakukan program KKN untuk menarik minat anak-anak dalam belajar sejarah.
Program ini dilakukan karena hingga saat ini pelajaran sejarah masih dipandang sebagai pelajaran yang sangat membosankan. Pandangan ini ditambah dengan penggunaan media pembelajaran pada sejarah di sekolah yang masih banyak terpaku pada buku teks sehingga menyebabkan anak-anak mudah merasa bosan dan kurang tertarik untuk mempelajarinya. Oleh karena itu pemanfaatan media pembelajaran sejarah yang bervariasi sangat diperlukan untuk menarik minat anak-anak dan mengenalkan kepada mereka bahwa belajar sejarah bisa sangat menyenangkan. Melalui program ini, mahasiswa KKN UNDIP memanfaatkan media flash card dan film animasi sebagai media pembelajaran sejarah pada anak-anak.

Gambar 1. Flash card sejarah
Flash card adalah sekumpulan kartu yang bertuliskan informasi dan gambar sebagai media pembelajaran untuk mengingat. Pada flash card sejarah ini memuat informasi singkat yang disertai dengan gambar mengenai tokoh-tokoh serta tempat bersejarah pada saat kemerdekaan Indonesia. Sementara itu film animasi merupakan media yang menggabungkan antara audio dan visual dengan penceritaan cerita menggunakan langkah animasi atau yang dikenal dengan nama kartun. Film animasi yang digunakan dalam pembelajaran ini memuat penjelasan singkat mengenai proses proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dimulai sejak masa penjajahan bangsa asing hingga perjuangan keras meraih kemerdekaan yang akhirnya dapat tercapai.


Gambar 2. Kegiatan pembelajaran dengan anak SD dan SMP
Kegiatan pembelajaran sejarah ini dilakukan dengan cara mengumpulkan anak-anak SD dan SMP di salah satu rumah warga RT 001/RW 007 Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. Diharapkan dengan adanya program ini dapat memberikan warna baru pada pembelajaran sejarah dan mengubah pandangan anak-anak mengenai pelajaran sejarah yang membosankan.
Penulis: Sikkharini Purohita Putri Rudatin (Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro)
Lokasi: Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok
DPL: Dr. Ana Silviana, SH, M.Hum
#kkntim1undip2022 #p2kknundip #lppmundip #undip