MAHASISWA KKN TIM I UNIVERSITAS DIPONEGORO (UNDIP) GELAR SOSIALISASI “KELUARGA HEBAT SEHAT TANPA NARKOBA” DALAM UPAYA PENCEGAHAN NARKOBA

Sosialisasi kepada masyarakat RW 10 Kelurahan Panggung Lor

Semarang (28/01/2022) – Dalam mencegah penyalahgunaan narkoba, upaya yang paling efektif adalah melalui pendidikan keluarga. Pengawasan orang tua terhadap anak diharapkan dapat dijadikan acuan agar anak selalu menjauhi penyalahgunaan narkoba dan mengerti bahaya serta dampak menggunakan narkoba. Keluarga merupakan tempat pertama anak untuk membentuk sosialisasi dalam menuju kepribadian yang lebih dewasa, oleh karena itu keluarga merupakan benteng utama yang dapat mencegah anak-anak dari masalah narkoba. Pencegahan penyalahgunaan  sudah seharusnya dimulai dari keluarga agar tercipta pendidikan narkoba pada keluarga, yang dimana hal tersebut tidak kalah penting dari pendidikan narkoba pada remaja. Oleh karena itu, menanggapi fenomena tersebut, mahasiswa KKN Tim I UNDIP Tahun 2022 menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tentang bahaya narkoba di balai Kelurahan Panggung Lor yang dihadiri oleh 30 masyarakat dari Kelurahan Panggung Lor.

Sosialisasi kepada masyarakat RW 10 Kelurahan Panggung Lor

Kegiatan sosialisasi tersebut diawali dengan sambutan oleh ketua panitia. Kemudian,  dilanjutkan dengan pemaparan materi yang yang berisi mengenai jenis-jenis narkoba, dampak-dampak dari penyalahgunaan narkoba dan cara-cara pencegahannya. Acara sosialisasi tersebut berlangsung selama 120 menit. Selanjutnya, acara terakhir diakhiri dengan foto bersama. Agar acara berjalan lebih meriah, mahasiswa menghadirkan quiz berhadiah bagi audiens yang bisa menjawab. Mahasiswa juga membagikan materi yang dikemas dalam bentuk “booklet” kepada masyarakat panggung lor dan diserahkan kepada pihak kelurahan untuk disimpan di ruang baca kelurahan.

“Program seperti ini diharapkan dapat menjadi pondasi utama pada keluarga, agar tercipta kondisi keluarga yang sehat dan terbebas dari narkoba.” Ujar Bapak Lurah Kel. Panggung Lor.

“Kompak, sudah bagus, komunikatif, teruskan program kerja yang lain dengan penuh semangat.” Ujar Ratna Wijayanti selaku warga setempat, sementara itu Andre Pandji menyampaikan “Kegiatan yang sangat bagus, agar masyarakat tahu apa dampak dari pemakaian narkoba”.

Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini masyarakat akan lebih mengetahui mengenai tentang penyalahgunaan narkoba guna mewujudkan indonesia bersinar (bersih narkoba).

Nama penulis  : Virdha Amartya Librianti

DPL                : Ir. RTD. Wisnu Broto, M.T.

Lokasi KKN   : RW 10 Kelurahan Panggung Lor, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang

Berikut merupakan link materi :

https://bit.ly/3rvyzCa