Mutasi Covid Makin Banyak! Mahasiswa KKN UNDIP Berbagi Tips Upaya Perkuat Imun Tubuh Di Masa Pandemi kepada Ibu-Ibu PKK

Tahunan, Jepara (04/02/2022) – Indonesia dilanda pandemi Covid-19 atau Corona Virus Disease 2019 sejak tahun 2020. Penyakit ini disebabkan oleh novel coronavirus yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan, Tiongkok dan diberi nama coronavirus disease 2019 (COVID-19) (www.unicef.org). Pandemi Covid-19 itu sendiri merupakan bagian dari pandemi penyakit Corona Virus 2019 (Covid-19) yang melanda banyak negara-negara di dunia. Berbagai upaya pencegahan telah dilakukan seperti melalui program vaksinasi, penerapan protokol kesehatan 5M, hingga pembatasan sosial berskala besar. Namun, ada hal yang kurang diperhatikan masyarakat, yaitu pentingnya menjaga dan memperkuat imun tubuh di masa pandemi ini.

Imun tubuh merupakan salah satu hal yang sangat penting guna mencegah dari penyakit maupun virus. Asupan vitamin, mineral, nutrisi dari makanan yang sehat dan bergizi seimbang adalah hal penting untuk memperkuat imun tubuh. Selain pola makan yang baik, beberapa hal dapat dilakukan guna memperkuat imun tubuh di masa pandemi ini, seperti konsumsi suplemen, berolahraga secara teratur, berjemur, serta istirahat yang cukup. Dengan imun tubuh yang semakin kuat maka risiko penularan penyakit dan infeksi dapat berkurang.

Berdasarkan pembahasan diatas, mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro memberikan penyuluhan mengenai tips-tips untuk memperkuat imun tubuh di masa pandemi Covid-19. Penyuluhan tersebut dilaksanakan di Desa Sukodono RW 01/RT 05, Tahunan, Jepara, dengan peserta penyuluhan adalah ibu-ibu PKK yang berjumlah 33 orang. Materi penyuluhan disampaikan dengan cara menyampaikan materi yang meliputi 6 tips cara memperkuat imun tubuh, diantaranya berjemur, olahraga teratur, pola makan yang baik, istirahat yang cukup, mengonsumsi suplemen, dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

gambar 1 : Penyampaian materi oleh Mahasiswa kepada Ibu-Ibu PKK

Selain menyampaikan materi, mahasiswa KKN Tim I juga membagikan hard copy dari booklet yang sebelumnya sudah disusun kepada masing-masing ibu-ibu PKK yang hadir, dengan judul booklet “Semua Tentang Corona”.

gambar 2 : Booklet materi “Semua Tentang Corona”
gambar 3 : Booklet materi “Semua Tentang Corona”

Dengan kegiatan penyuluhan ini, diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya ibu-ibu PKK yang hadir mengenai tips bagaimana cara meningkatkan imun tubuh di masa pandemi Covid-19 ini. Sehingga tips-tips yang sudah di sampaikan dapat diterapkan dengan baik.

Penulis            : Yulya Anindita S

DPL                 : Ir.Wahju Krisna Hidajat, MT.

Lokasi KKN    : Desa Sukodono, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara