Home » Lokasi KKN » Kab. Kendal » Kerupuk Abadi, UMKM Desa Cepokomulyo

Kerupuk Abadi, UMKM Desa Cepokomulyo

1502118016057

Cepokomulyo (5/8), Mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Cepokomulyo mengunjungi salah satu UMKM di Cepokomulyo. Kerupuk Abadi merupakan usaha kerupuk asli Kendal yang didirikan dan dijalankan berasaskan kekeluargaan. Kerupuk Abadi ini berpusatkan di kota Kendal dengan nama pemilik yaitu Pak Edi. Namun, tempat yang dikunjungi kali ini adalah produksi kerupuk dengan pemilik Pak Kusnadi. Pak kusnadi mengerjakan kerupuk dari bahan mentah hingga setengah jadi, setelah itu kerupuk diantar ke pengerjaan pusat milik Pak Edi untuk diberi bumbu dan pengerjaan akhir.

Kerupuk Abadi Pak Kusnadi ini dijalankan di rumah beliau yaitu Desa Cepokomulyo RT 04 RW 03. Dalam kesehariannya, kerupuk ini dikerjakan oleh 6 orang sebagai tenaga kerja terbagi atas 3 wanita dan 3 laki-laki. Tenaga kerja yang dipakai sendiri merupakan keluarga dari Pak Kusnadi. Gaji yang didapat oleh tenaga kerja yaitu Rp 100.000,- untuk 5 kwintal dalam sekali penjemuran.

1502118018738

Kerupuk abadi ini memakai bahan baku yaitu pati pohong yang di impor langsung. Kerupuk yang datang langsung di olah kemudian dijemur sekitar pukul 06.00-14.00 WIB. Pengerjaan yang dilakukan dapat menghasilkan sekitar setengah ton dalam satu hari. Setelah pengerjaan dilakukan, kerupuk dikirim ke kendal untuk di bumbui dan dipasarkan.

Kerupuk abadi ini sendiri telah memiliki berbagai izin seperti izin usaha, izin merek dan kesehatan sebagai pembuktian kualitas. Dalam pengerjaan usaha selama ini tidak terdapat permasalahan yang berat.