Perekonomian Desa Bajomulyo Melesat Tinggi dikarenakan Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Digital Maketing Pada Rumah Produksi Olahan Ikan
Pati (7/2) – Di masa ini masih terbilang pada masa pandemi meskipun pandemi covid-19 sudah lama ada. Akses untuk melakukan kegiatan di luar rumah masih terbilang terbatas guna untuk menekan angka penyebaran covid-19. Akibatnya pendapatan pelaku usaha UMKM dan Rumah Produksi menjadi menurun. Pemasaran tradisional sudah tak lagi efektif bagi pasar yang sebagian besar masyarakat sudah beralih ke teknologi komunikasi terkini. Seiring dengan kebutuhan masyarakat terhadap informasi, e-commerce dan media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran untuk mendukung aktivitas bisnis.
KKN Tim I UNDIP yang dilaksanakan sejak 5 Januari hingga 15 Februari 2022 dengan mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat menuju Pasca Pandemi Covid-19 berbasis SDGs. Mahasiswa KKN Tim I UNDIP membantu pelaku Usaha Rumah Produksi olahan ikan yang ada di Desa Bajomulyo untuk mengembangkan bisnisnya di salah satu Aplikasi e-commerce yaitu Shopee. Melalui salah satu program “Edukasi Tentang Strategi Pemasaran di Tengah Pandemi Covid-19” di salah satu Rumah Produksi olahan ikan Bandeng di Desa Bajomulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Jawa Tengah.


Dengan Mengajarkan bagaimana cara membuat akun pada salah satu e-commerce yang ada di Indonesia diharapkan pelaku bisnis rumah produksi tersebut dapat meningkatkan pendapatan dan mengembangkan bisnis yang di jalankannya.
Penulis : Evita Nurul Amil Lisa
Jurusan: Administrasi Bisnis
Dosen : Zaki Ainul Fadli, S.S., M. Hum