Mantap! mahasiswa Undip lakukan sosialisasi cara mengelola keuangan

Melaksanakan sosialisai kepada Ketua RT 17/6 Kelurahan Pudakpayung

Semarang (07/02/2022) – Pada hari minggu (6/2), mahasiswa KKN Undip TIM I Periode 2021/2022 melakukan sosialisasi cara mengelola keuangan. Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mengelola keuangan dengan baik dan dapat bertanggung jawab terhadap keuangannya sendiri. Selain itu masyarakat dapat terhindar dari perbuatan yang tidak bertanggung jawab, seperti penyalahgunaan narkoba. Sosialisai dilaksanakan dengan cara door to door dari rumah ke rumah dan melalui group chat. Yang menjadi sasaran dari sosialisasi ini adalah seluruh warga RT 17/6 kelurahan Pudakpayung.

Menurut Certified Financial Planner, Financial Planning Standards Board Indonesia, perencanaan keuangan adalah suatu proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan secara terencana. Tujuan hidup yang ingin dicapai oleh seseorang tentunya bermacam-macam diantaranya seperti memiliki rumah sendiri, menunaikan ibadah haji, mempersiapkan biaya pendidikan anak, dan memiliki dana pensiun di hari tua. Sehingga pada dasarnya perencanaan keuangan akan membantu seseorang dalam mencapai tujuan hidupnya.

Booklet mengelola keuangan pribadi

Manfaat dari perencanaan keuangan bisa dirasakan dengan adanya “arah dan arti” keputusan finansial seseorang. Dengan melihat setiap keputusan finansial sebagai bagian dari suatu keseluruhan, seseorang dapat mempertimbangkan efek jangka pendek dan jangka panjang atas tujuan-tujuan hidupnya. Sehingga pada akhirnya nanti, seseorang berharap bisa mencapai tujuan akhir dari perencanaan keuangan yaitu kebebasan finansial (financial freedom), yang dapat diartikan bebas dari hutang, tersedianya arus penghasilan dari investasi yang telah dilakukannya, serta terproteksi secara finansial dari risiko apapun yang mungkin terjadi.

Dalam salah satu tahapan perencanaan keuangan, yaitu tahapan identifikasi, ada metode yang dinamakan The Basic triangle method. Segitiga ini yang pertama adalah goals atau tujuan keuangan yang merupakan target yang ingin dituju. Namun, sebelum mencapai target tersebut, ada dua fondasi yang menjadi pertimbangan, yaitu risk profile (profil risiko) dan current financial statement (Kondisi keuangan saat ini).

Penulis            : Wildan Ansyar Firdausi

Jurusan            : Akuntansi

DPL                 : Dr. Aminah SH., M.Si.

Lokasi KKN    : RT 17/ RW 06 Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.