Pentingnya Menjaga Gizi!! Mahasiswa Undip Sosialisasikan Pentingnya Mengkonsumsi Ikan

Sarirejo, Kendal (19/01/2022), Mahasiswa KKN tim I Universitas Diponegoro dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Program Studi Perikanan Tangkap, melaksanakan sosisalisasi rumah ke rumah via poster terkait pentingnya manfaat mengkonsumsi ikan dengan memberikan resep dan cara pengolahan ikan agar menjadi produk makanan yang digemari masyarakat luas. Program ini dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Januari 2022 yang bertempat di Kampung Kedungrombong RT 01 Rw 07 Desa Sarirejo Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Program ini dilakukan secara individu dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Keluarga Ibu  senang dan mengucapkan terimakasih dengan adanya sosisalisasi ini pandangan saudari Dita lebih terbuka mengenai berbagai manfaaat yang ada pada ikan baik itu ikan olahan maupun ikan biasa.

Kegiatan ini dimulai dengan perijinan tempat KKN kepada perangkat desa Sarirejo dan ketua RT 01 RW 07 Kampung Kedungrombong. Selain sosialisasi dari rumah ke rumah, mahasiswa KKN juga melakukan penempelan poster di beberapa tempat. Penempelan poster dilakukan di tempat-tempat yang sering dilewati dan dikunjungi warga. Poster yang ditempelkan berisi manfaat, cara dan resep pengolahan otak-otak ikan. Alasan mahasiswa memilih otak-otak ikan sebagai produk makanan yang disosialisasikan yaitu karena bahan dalam pembuatannya mudah dicari dan tidak terlalu mahal, cita rasa dan teksturnya tidak keras sehingga dapat dikonsumsi berbagai kalangan, selain itu otak-otak ikan juga memiliki manfaat yang cukup bagus bagi kesehatan.

Bapak Budi Trisno selaku ketua RT 01 mengungkapkan bahwasannya beliau berterima kasih kepada mahasiswa KKN UNDIP karena dengan adanya program ini dapat membantu warga desa meningkatkan gizi dan imunnya agar tidak mudah terserang penyakit dengan cara mengkonsumsi ikan maupun produk olahan ikan.

Mahasiswa KKN UNDIP merasa bersyukur dan berterima kasih telah diperbolehkan melakukan program KKN ini di kampung Kedungrombong RT 01 RW 07 Desa Sarirejo Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sesuai harapan.

Penulis             : Sheff Kautsar Pujma Arrandy

DPL                 : Dr. Ir. Caya Setya Utama, S.Pt., M.Si., IPM

Lokasi KKN    : Kp. Kedungrombong RT 01 RW 07 Desa Sarirejo, Kec. Kaliwungu, Kab. Kendal