Berdayakan pemuda, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro berikan edukasi penanggulangan kebakaran

sosialisasi penanggulangan kebakaran dengan remaja IPNU-IPPNU ranting Kranji

Pekalongan (25/1). Kebakaran merupakan salah satu bencana yang sering terjadi di pemukiman padat penduduk. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Sayangnya masyarakat khususnya generasi muda belum memahami akan faktor penyebab serta penanganan kebakaran ini. Oleh karena itu salah satu mahasiswa KKN Undip, Muhammad Ziyad Nuwaf melakukan sosialisasi tentang penyebab, penanggulangan, serta penanganan kebakaran kepada pemuda di kawasan dukuh Kranji kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan.

Kegiatan ini diselenggarakan berkat kerja sama dengan pengurus ranting IPNU-IPPNU ranting Kranji. Acara tersebut dihadiri oleh peserta kegiatan makesta IPNU-IPPNU ranting Kranji. Dalam kegiatan tersebut peserta diberikan pengetahuan tentang penyebab terjadinya kebakaran khususnya di lingkungan padat penduduk. Salah satu peserta sosialisasi mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Diponegoro. Menurutnya kegiatan seperti ini sangat diperlukan oleh masyarakat khususnya pemuda agar para pemuda lebih siap dalam menangani kejadian kebakaran di lingkungan sekitar. “bagus mas, sangat bermanfaat untuk temen-temen, kalau ada kebakaran kita nggak bingung lagi harus ngapain” ujar Muttaqi.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini masyarakat khususnya pemuda dukuh Kranji dapat menjadi garda terdepan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran.

Penulis: Muhammad Ziyad Nuwaf

KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2022